_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Jargas Diharapkan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Ilustrasi

Jargas Diharapkan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu memastikan DPR RI berkomitmen mendukung program pembangunan Jaringan Gas (Jargas) oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk memenuhi kebutuhan gas masyarakat.

Sebab, manfaatnya, program yang menggunakan APBN ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meringankan biaya kebutuhan sehari-hari, kata dia.

“Program ini harus dilanjutkan maanfaatnya. Sudah jelas itu mengurangi biaya atau pengeluaran masyarakat. Itu yang penting, karena hubungannya dengan kesejahteraan. Artinya pengeluaran turun, (yang) berarti kesejahteraan meningkat,” kata Gus Irawan kepada wartawan, belum lama ini.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Irawan meminta agar pemerintah daerah aktif mengusulkan pemasangan Jargas di wilayahnya ke Kementerian ESDM, sehingga usulan tersebut dapat dibahas saat pembahasan anggaran dengan DPR RI. Dia pun berharap anggaran untuk program ini dari tahun ke tahun harus ditingkatkan, agar program ini tidak hanya dinikmati oleh sebagian warga saja, namun dapat dinikmati oleh seluruh warga negara Indonesia.

“Tentunya kami berharap program ini akan ditetapkan di seluruh Indonesia. Tapi saat ini memang daerah Jawa menjadi yang terbesar. Sambungan jargas untuk tahun anggaran ini cukup tinggi, nanti akan menyusul daerah-daerah lain,” jelasnya.

Menurut Gus Irawan, dari daerah-daerah pun sudah muncul apreasiasi atas program Jargas Rumah Tangga yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama DPR RI dan BUMN. Dia menjelaskan warga benar-benar menyambut baik program ini dan berharap pada tahun-tahun berikutnya program ini bisa dinikmati secara merata.

“Masyarakat mayoritas menyambut baik, karena memang sisi manfaatnya yang pertama adalah lebih aman dibandingkan tabung melon dan yang kedua lebih hemat atau murah. Sesuai testimoni salah satu warga yang menggunakan Jargas, penghematannya bisa sampai 35 persen dalam satu bulan. Kemudian jargas ini lebih mudah. Artinya warga tidak akan ada kehabisan gas di tengah malam karena selalu tersedia sepanjang waktu,” tutur Gus Irawan.

Wakil Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI ini mengaku wajib menyampaikan aspirasi masyarakat dimana sebagian desanya belum tersambung jaringan gas sehingga perlu langkah cepat pemerintah untuk merealisasikannya.

“Saya sampaikan ke pemerintah dan Dirut PGN untuk dipelajari dan dilaksanakan. Karena ini pakai dana APBN. Jika dana APBN Komisi VII pasti setuju dan mendukung penuh. Mudah-mudahan ini bisa tersambung,” tuturnya. (wol/min/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII Serahkan Revisi UU Minerba ke Pemerintah

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyerahkan nasib pembahasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.