_
Home / Warta / Teknologi / Jangan Pernah Pakai Gigi Netral di Turunan Curam, Bisa Celaka!
Ilustrasi

Jangan Pernah Pakai Gigi Netral di Turunan Curam, Bisa Celaka!

Waspada.co.id – Medan curam menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara kendaraan bermotor. Seperti turunan yang ekstrem. Jika tak bisa menguasai keadaan, kecelakaan bisa menjadi akibatnya.

Saat melintasi turunan yang curam, pengemudi harus benar-benar waspada. Menurut Drivers Prep, saat melintasi turunan curam menggunakan mobil bertrnasmisi manual, posisi gigi terbaik adalah yang paling rendah.

Sementara untuk mobil bertransmisi otomatis, pada dasarnya tak jauh berbeda. Untuk mendapatkan efek pengereman mesin, maka pastikan tuas transmisi berada di posisi 2. Sementara itu, jika turunnya curam, maka pindahkan tuas ke posisi L.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pemilik mobil saat turunan adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi N atau netral. Tujuannya, agar mobil lebih irit bahan bakar. Padahal, perilaku ini sangat salah.

Dengan posisi gigi netral, maka tidak ada efek pengereman mesin dan jalannya mobil hanya mengandalkan rem saja. Ini membuat kontrol pengemudi atas kendaraan tidak akan maksimal. Sangat mungkin juga rem akan cepat panas, bahkan mengalami blong.

Selain aspek-aspek teknis seperti tersebut, faktor dalam mengemudikan semua jenis kendaraan bermotor adalah tetap tenang atau tidak panik. Telah banyak sekali contoh kepanikan pengemudi akhirnya berbuah petaka. (liputan6/data2)

适适

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.