_
Home / Warta / Mancanegara / Janda Korban Ethiopian Airlines Tuntut Boeing Rp4 Triliun
foto: Duka keluarga korban Ethiopian Airlines. (Al Jazeera)

Janda Korban Ethiopian Airlines Tuntut Boeing Rp4 Triliun

PARIS,Waspada.co.id – Seorang warga Prancis istri korban kecelakaan Ethiopian Airlines menuntut ganti rugi US$276 juta atau setara Rp4 triliun dari Boeing selaku perusahaan pembuat pesawat yang digunakan maskapai tersebut.

Gugatan atas nama Nadege Dubois-Seex tersebut diajukan untuk kematian suaminya, Jonathan Seex, warga Swedia-Kenya sekaligus kepala eksekutif Perusahaan Tamarind Group.

“Keluarga kami telah kehilangan ksatrianya yang bersinar dan dunia telah kehilangan pengusaha yang cemerlang,” ujar Dubois-Seex.

Dalam gugatannya, Dubois-Seex menuduh pihak Boeing gagal memberi tahu pilot dengan jelas akan risiko yang ditimbulkan perangkat lunak Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) dalam pesawat jenis 737 MAX.

Akibatnya, pilot harus berulang kali menurunkan moncong pesawat karena kesalahan data sensor yang diterima.

Sistem anti-stall MCAS ini disebut-sebut menjadi penyebab penerbangan Ethiopian Airlines dan Lion Air jatuh beberapa bulan lalu.

Sementara itu, juru bicara perusahaan Boeing di AS tidak memberikan tanggapan terkait gugatan yang diajukan oleh Dubois-Seex.

Perusahaan Boeing selaku manufaktur pesawat 737 MAX mengatakan pihaknya telah memperbarui perangkat lunak pesawat pada pekan lalu. Mereka juga sedang dalam proses pengajuan rencana terkait pelatihan para pilot.

Banyak maskapai di seluruh penjuru dunia berharap Boeing segera menyelesaikan pembaruan perangkat lunak ini karena ribuan penerbangan terpaksa dibatalkan akibat dua kecelakaan yang melibatkan pesawat Boeing 737 MAX 8 tersebut.

Kecelakaan terbaru terjadi di pada Minggu (10/3), ketika pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines jatuh tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa, menewaskan 157 orang di dalamnya.

Beberapa bulan sebelumnya, tepatnya Oktober 2018, pesawat jenis sama yang digunakan dalam penerbangan Lion Air JT610 jatuh di Laut Jawa dan menewaskan 189 penumpang dan awak yang dibawa. (cnn/data1)

Check Also

China Ancam Serbu Taiwan, AS Kerahkan Kapal Perang

WASHINGTON, Waspada.co.id – Amerika Serikat mengerahkan kapal perangnya, USS Antietam, ke Selat Taiwan, menyusul ketegangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.