Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Jajarannya Terlibat Peredaran Narkoba, Kepala Polisi Filipina Menangis
Istimewa
Istimewa

Jajarannya Terlibat Peredaran Narkoba, Kepala Polisi Filipina Menangis

agregasi
agregasi

 

MANILA – Kepala Polisi Nasional Filipina Ronald Dela Rosa menangis di hadapan Senat saat berlangsung sidang dengar pendapat pada siang waktu setempat. Pria berkepala plontos itu lalu bersumpah untuk tetap setia kepada Presiden Rodrigo Roa Duterte.

Tangisan tersebut muncul setelah salah satu gembong narkoba Filipina Kerwin Espinosa bersaksi bahwa kepolisian terlibat dalam peredaran barang haram tersebut. Dela Rosa yang emosional pun tak kuasa menahan air matanya di hadapan para senator di Manila.

“Saya tidak akan menyerah, saya akan membersihkan kepolisian nasional. Saya akan bersama Anda (Presiden Duterte). Saya tidak akan meninggalkan pertempuran ini bahkan jika warga kehilangan kepercayaan kepada polisi,” ucap Bato –sapaan akrab Dela Rosa- sambil terisak, disitat Reuters, Rabu (23/11/2016).

Senat telah mendengar sejumlah kesaksian dari beberapa orang mengenai keberadaan pasukan kematian serta tindak pidana korupsi, pembunuhan, dan video panas dari pihak kepolisian. Lebih dari 2.500 orang tewas dibunuh, sebagian besar oleh kepolisian, dalam operasi melawan narkoba. Presiden Duterte membela polisi dari sasaran kritik internasional.

Kerwin Espinosa mengaku menjual narkoba dan membayar polisi untuk melindungi usahanya tersebut. Ia menyebut dua orang berpangkat jenderal dan sejumlah opsir menerima uang sogokan tersebut. Dela Rosa pun berjanji akan melakukan segalanya untuk menghentikan praktik tersebut.

“Saya bukan Superman, saya hanya seorang polisi biasa. Akan tetapi, saya akan melakukan yang terbaik untuk membersihkan pasukan polisi bahkan jika nyawa saya taruhannya. Kita akan bertahan dari ini semua,” tutup Ronald Dela Rosa.

Baca Juga

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters)

Lagi, Duterte Ancam Akhiri Pakta Pertahanan Dengan AS

TOKYO,WOL – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan mengkahiri pakta pertahanan dengan Amerika Serikat (AS). ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.