Breaking News
Home / Warta / Politik / Jadi Tersangka Lagi, Kubu Setya Novanto Bakal Kembali Ajukan Praperadilan
Friedrich Yunadi (Fadel Prayoga)
Friedrich Yunadi (Fadel Prayoga)

Jadi Tersangka Lagi, Kubu Setya Novanto Bakal Kembali Ajukan Praperadilan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Pengacara Ketua DPR RI Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengaku, pihaknya bakal kembali mengajukan praperadilan usai kliennya kembali ditetapkan menjadi tersangka terkait kasus e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pihaknya pun telah mempersiapkan praperadilan untuk menggugurkan status tersangka yang disematkan lembaga antirasuah tersebut.

“Praperadilan dalam waktu singkat, iya Insya Allah. Kami sudah susun karena kami itu kerja cepat,” kata Fredrich, saat di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta, Jumat 10 November 2017.

Menurutnya, upaya tersebut merupakan inisiatif dirinya dalam melindungi kliennya dari jeratan kasus hukum. Karena itu sesuatu yang wajar dilakukan seorang pengacara dalam membela kliennya.

“Saya sebagai penasihat hukum punya hak melindungi klien saya secara maksimal. Apa yang lebih baik dan yang terefektif, apakah salah kalau saya melindungi klien saya,” jelasnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya fokus kepada kasus pelaporan dugaan tindak pidana yang dilakukan dua pimpinan KPK dan dua penyidiknya, sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 414 juncto Pasal 421 KUHP.

“Karena pidana itu jauh lebih cepat langsung menyentuh yang bersangkutan,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPK kembali menetapkan Ketua DPR RI, Setya Novanto sebagai tersangka. Setya Novanto kembali dijerat dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP), tahun anggaran 2011-2012. Dengan demikian, Setya Novanto sudah dua kali ditetapkan tersangka dalam kasus e-KTP.

Penetapan tersangka terhadap Ketua DPR RI tersebut sejalan dengan telah diterbitkannya Surat Perintah Penyidikan (Sprindik)‎ untuk tersangka Setya Novanto, pada 31 Oktober 2017.

“KPK menerbitkan sprindik 31 Oktober atas nama tersangka SN,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat jumpa pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat 10 November 2017.

Check Also

foto: istimewa

“Praperadilan Kado Golkar Untuk Novanto”

JAKARTA, WOL – Meski sudah menjadi tersangka, dan tahanan KPK, Partai Golkar melalui rapat pleno ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.