Home / Warta / Politik / Jadi Pj Gubernur Jabar, M Iriawan Jamin Netral
Pelantikan M Iriawan jadi Pj Gubernur Jabar. (Foto: Antara)

Jadi Pj Gubernur Jabar, M Iriawan Jamin Netral

agregasi
agregasi

 

BANDUNG – Komjen M Iriawan mendapat tugas baru sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat sejak beberapa waktu lalu. Sejumlah pihak pun mempersoalkan penunjukannya dengan berbagai alasan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun memberikan penjelasan. Ia menegaskan hanya menjalankan tugas yang diperintahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia sendiri mempersilakan jika ada pihak yang tidak puas atas penunjukan dirinya sebagai penjabat gubernur. Tapi, ketidakpuasan itu sebaiknya disalurkan ke PTUN.

“Kalau memang aturan itu (penunjukan pj gubernur) tidak pas menurut beberapa pihak, silakan. Ada haluan hukumnya gitu kan (melalui PTUN), silakan,” kata Iwan di sela pemantauan arus balik di kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (20/6/2018).

Ia sendiri tidak mau lebih banyak berbicara soal aturan penunjukan dirinya. Ia menegaskan hanya menjalankan tugas. Ia pun berjanji melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Maksud saya, saya tidak banyak bicara domain itu. Saya hanya melaksanakan tugas, saya akan pertanggungjawabkan amanah yang diberikan,” ucapnya.

Iwan mengatakan, Kemendagri tidak mungkin menempatkan dirinya sebagai pj gubernur jika menyalahi aturan. Pasti ada aturan dan pertimbangan matang sebelum diambil keputusan.

“Itu menurut hemat saya. Tapi saya tidak mau bicara itu (lebih banyak). Saya terus bekerja menyelesaikan program-program yang dibuat oleh pejabat lama,” jelasnya.

Soal adanya tudingan dirinya tidak netral dalam menghadapi Pilgub Jawa Barat, ia pun membantahnya. Sebab, salah satu tugasnya adalah mengawasi aparatur sipil negara (ASN) agar bersikap netral dalam menghadapi pilgub.

Mendagri Tjahjo Kumolo Pimpin Pelantikan M Iriawan menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat

“Saya memerintahkan netral, kalau saya tidak netral, lucu. Tolong jelaskan tidak netralnya saya di mana,” tuturnya.

Iwan kemudian meminta agar berbagai tuduhan yang dialamatkan padanya dilakukan secara jelas dan memiliki dasar kuat.

Ia juga menegaskan, dirinya disumpah dengan Alquran saat dilantik bahwa ia akan menjalankan tugas dengan baik. Ia pun tidak akan mempertaruhkan nama baiknya dengan memihak salah satu kandidat pilgub yang merupakan mantan polisi.

“Jadi, percaya sama saya, saya akan netral. Mari kita lihat nanti setelah tanggal 27 Juni ya (tanggal pencoblosan),” tegas Iwan.

Check Also

Ini Alasan Mendagri Surati Semua Pemda Minta Bantuan untuk Gempa Lombok

  JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyurati seluruh pemerintah daerah untuk membantu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: