Home / Warta / Mancanegara / Jack Ma Putuskan Pensiun Dari CEO Alibaba
foto: Ist

Jack Ma Putuskan Pensiun Dari CEO Alibaba

NEW YORK, Waspada.co.id – Salah satu orang terkaya di China, Jack Ma akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin eksekutif atau CEO kerajaan bisnis e-commerce Alibaba. Pria tersebut memilih fokus terhadap hal lain usai mengundurkan diri.

“Dia tetap berada di dewan direksi Alibaba, tetapi fokusnya akan beralih kepada filantropi dalam pendidikan,” demikian dilaporkan surat kabar New York Times, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (8/9).

Sementara itu dalam wawancaranya bersama Times, Ma mengungkapkan bahwa pensiun dari perusahaannya bukanlah akhir, melainkan awal dari sebuah era. Dia pun mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai pendidikan.

Kepada Bloomberg TV, Ma juga mengungkapkan betapa dirinya ingin menciptakan sebuah landasan pribadi, mengikuti jejak pencipta Mincrosoft Bill Gates.

“Ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari Bill Gates. Saya tidak pernah membayangkan akan menjadi kaya, tetapi saya yakin akan melakukan satu hal dalam hidup, yakni pensiun dini,” ungkap pria 54 tahun itu.

“Saya pikir suatu hari nanti, secepatnya, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang saya pikir bisa dilakukan lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Ma memulai karirnya dengan mengajar bahasa Inggris di sebuah universitas di kota Hangzhou, China. Dia mulai menggarap perusahaan Alibaba pada 1999 bersama dengan sekelompok teman di flatnya.

Kini, perusahaan itu berkembang menjadi bisnis e-commerce terbesar di dunia. Alibaba memiliki nilai pasar lebih dari USD 400 miliar, termasuk pada penjualan daring, produksi film, hingga tempat penyimpanan komputasi.

Berkat bisnisnya itu, Ma memiliki kekayaan pribadi bersih senilai USD 40 miliar. Hal itu menjadikannya orang terkaya di China berdasarkan daftar majalah Forbes China tahun 2017. (nyt/merdeka/ags/data2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: