Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Istana: Pekerja Asing Tak Wajib Bisa Bahasa Indonesia
Istimewa

Istana: Pekerja Asing Tak Wajib Bisa Bahasa Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Istana Kepresidenan membantah pemerintah akan mewajibkan para tenaga kerja asing (TKA) untuk memahami Bahasa Indonesia sebagai syarat bagi mereka untuk bisa bekerja di dalam negeri.

Menurut juru bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Prabowo, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 yang mengatur TKA, tidak memuat ketentuan itu.

“Tidak benar ada Peraturan Presiden yang mewajibkan TKA untuk bisa Bahasa Indonesia ketika bekerja di Indonesia, tidak ada,” ujar Johan Budi di Jakarta, Selasa, 26 Juni 2018.

Johan Budi menyampaikan, Perpres hanya memuat ketentuan bahwa perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan TKA diharuskan menyediakan fasilitas pelatihan bagi mereka untuk bisa memahami Bahasa Indonesia.

“Bukan TKA-nya yang diwajibkan, tapi perusahaannya yang diwajibkan menyediakan fasilitas pelatihan kepada TKA,” ujar Johan Budi.

Diketahui, media The New York Times memberitakan bahwa Perpres Nomor 20 Tahun 2018 memuat ketentuan supaya para TKA mampu berbahasa Indonesia. Pemberitaan mengutip juga pernyataan yang berisi keberatan dari sejumlah pemangku kepentingan. (viva/ags/data1)

Check Also

Pemerintah Keliru Datangkan Dosen Dari Luar Negeri

MEDAN, Waspada.co.id – Pengamat Pendidikan Sumut, Mutsyuhito Solin, menilai ada kekeliruan atas kebijakan pemerintah pusat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: