Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Istana Berharap Petani Kendeng Hentikan Aksi Cor Kaki
Petani Demo dengan Melakukan Akasi Mengecor Kakinya dengan Semen (dok. Okezone)
Petani Demo dengan Melakukan Akasi Mengecor Kakinya dengan Semen (dok. Okezone)

Istana Berharap Petani Kendeng Hentikan Aksi Cor Kaki

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – ‎Staf Khusus Kepresidenan, Tetan Masduki berharap, para petani di Pegunungan Kendeng menghentikan aksi cor kakinya dengan semen lantaran pemerintah telah ‎menghentikan sementara proses kegiatan penambangan karst PT Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah‎.

“Jadi kami harapakn mereka menghentikan aksi dululah, karena ini kan tidak bisa selesai dalam waktu satu atau dua hari, pemerintah harus meninjau dari berbagai aspek. Lain halnya kalau ini persoalan yang baru, ini kan pabriknya sudah dibangun, dan kesepakatan yang dulu dengan Presiden adalah yang mau di KLHS adalah kawasan tambangnya antara pabrik dan wilayah tambangnya sekira 10 KM,” kata Teten di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Teten menerangkan, bahwa berdasarkan kesepakatan antara pemerintah bersama masyarakat Kendeng pada Agustus 2016 lalu, ‎izin tambang PT Semen Indonesia ‎akan bergantung pada laporan tim independen yang melakukan Kajian Lingkungan Hidup starategis (KLHS)‎.

‎”Kami tetap bersikukuh dwngan hasil pertemuan mereka dengan Presiden bulan Agustus 2016, KLHS dulu dilakukan, KLHS ini tinggal tinggu 10 hari,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengingkan adanya keputusan baru terkait izin tambang PT Semen Indonesia itu. Dikatakan Teten, Presiden Jokowi hanya akan mencabut izin penambangan apabila adanya laporan dampak negatif dari penambangan yang dilakukan tim independen KLHS.

‎”Dari Presiden kan sampai sekarang belum ada perubahan bahwa dulu pembicaraan dengan masyarakat Kendeng, dulu Presiden bersedia menerima dan menyepakati satu hal yaitu melakukan KLHS untuk wilayah tambangnya. Sampai sekarang saya kira belum ada perubahan,” tutupnya.

Check Also

WOL Photo

Plt Sekda Sambut Baik Kegiatan Konsultasi Publik BJPSDA

MEDAN, WOL – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sumut, Ibnu S Utomo, ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.