Newsticker
WOL / Warta / Politik / Irwandi Yusuf Menang di Banda Aceh, Muzakkir Manaf Kuasai Pidie dan Aceh Barat
Rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada di Kota Banda Aceh (Irwansyah/Antara)
Rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada di Kota Banda Aceh (Irwansyah/Antara)

Irwandi Yusuf Menang di Banda Aceh, Muzakkir Manaf Kuasai Pidie dan Aceh Barat

agregasi
agregasi

 

BANDA ACEH – Sejumlah kabupaten dan kota di Aceh mulai memplenokan rekapitulasi hasil suara pilkada serentak baik untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan kepala daerah tingkat II. Pilkada Aceh digelar serentak di 23 kabupaten dan kota pada 15 Februari 2017. Sebanyak 20 daerah di antaranya ikut memilih bupati dan wali kota baru.

Dalam rapat pleno rekapitulasi hasil suara pilkada di kabupaten dan kota di Aceh, Rabu (22/2/2017), pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah ditetapkan menang di Kota Banda Aceh. Sedangkan pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid memimpin perolehan suara di Kabupaten Pidie dan Aceh Barat.

Hasil rapat pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh yang berlangsung di Hotel Permata Hati, Banda Aceh, untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pasangan nomor urut enam, Irwandi Yusuf–Nova Iriansyah menang telak dengan meraup 54.105 suara.

Sementara pasangan nomor urut satu, Tarmizi Karim–Machsalmina Ali, berada di posisi kedua dengan meraih dukungan 18.703 suara.

Pasangan calon nomor urut lima, Muzakkir Manaf–TA Khalid berada di urutan ketiga dengan 10.074 suara. Disusul pasangan Zakaria Saman–T Alaidinsyah yang memperoleh 5.677 suara dan petahana Zaini Abdullah–Nasaruddin dengan 5.284 suara. Pasangan Abdullah Puteh–Sayed Mustafa Usab menjadi juru kunci, hanya memiliki perolehan 722 suara.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, Munawar Syah mengatakan, partisipasi pemilih dalam pilkada kali ini di Banda Aceh mencapai 64 persen dari 151.105 orang pemilih tetap.

“partisipasi pemilih dari rekapitulasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur diketahui mencapai 64 persen dari DPT 151.105 orang,” katanya di sela pleno.

Artinya ada 57.536 warga Banda Aceh tidak menggunakan hak pilihnya pada pilkada 15 Februari 2017.

Sementara di Kabupaten Aceh Barat, pasangan Muzakkir Manaf–TA Khalid menguasai perolehan suara dengan koleksi 41.413 suara. Di posisi kedua, Irwandi Yusuf–Nova Iriansyah mendapatkan 30.134 suara. Peringkat ketiga Tarmizi Karim–Machsalmina Ali dengan 19.797 suara

Selanjutnya pasangan Zakaria Saman–T Alaidinsyah memperoleh 7.158 suara, disusul paslon Zaini Abdullah–Nasaruddin dengan meraup 3.096 suara. Lalu di posisi paling buncit Abdullah Puteh–Sayed Mustara Usab dengan mengumpulkan 1.473 suara.

Jumlah pemilih tetap di Aceh Barat 131.371 orang, namun 28.301 orang tidak menggunakan hal pilihnya alis golput

Pleno rekapitulasi suara di Kabupaten Pidie, pasangan Muzakkir Manaf–TA Khalid merajai perolehan suara dengan 60.484 suara. Irwandi Yusuf–Nova Iriansyah di posisi runner up memperoleh 46.907 suara.

Pada posisi ketiga paslon nomor urut dua, Zakaria Saman–T Alaidinsyah meraup 36.845 suara, disusul pasangan petahana Zaini Abdullah–Nasaruddin meraih 24.194 suara. Berikutnya Tarmizi Karim–Machsalmina Ali meraup suara 22.700, sementara di posisi buncit diperoleh Abdullah Puteh–Sayed Mustafa Usab dengan 5.159 suara.

DPT di Kabupaten Pidie mencapai 296.096 pemilih. Namun 99.807 orang tidak menggunakan hak pilihnya.

Baca Juga

AHY dan Sylvi (Foto: Okezone)

Jelang Pencoblosan Elektabilitas AHY-Sylvi Anjlok, Ini Alasannya

  JAKARTA – Anjloknya suara pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni diakibatkan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.