Home / Warta / Mancanegara / Iran Pamerkan Jet Tempur Buatan dalam Negeri
Foto: Presiden Iran Hassan Rouhani di kokpit pesawat Kowsar. (Foto: Tasnim)

Iran Pamerkan Jet Tempur Buatan dalam Negeri

TEHERAN,Waspada.co.id – Iran memamerkan jet tempur buatan dalam negerinya menjelang peringatan Hari Nasional Industri Pertahanan, selasa (21/8). Jet tempur itu dilaporkan melakukan demonstrasi terbang pertamanya pada sebuah upacara yang dihadiri oleh Presiden Hassan Rouhani.

Kantor berita Tasnim mewartakan, jet tempur yang dinamakan Kowsar itu mampu membawa berbagai jenis senjata dan dapat digunakan untuk melakukan misi pendukung dari udara.

Dari foto-foto yang dirilis Tasnim, Kowsar memiliki dua kokpit dengan sirip ekor tunggal. Banyak yang mengatakan bahwa bentuk jet tempur tersebut sangat mirip dengan jet F-5 Tiger buatan Amerika Serikat (AS). F-5 Tiger yang dibuat pada 1970-an merupakan bagian dari armada pesawat tempur Iran dan masih digunakan meski usianya yang telah uzur.

Pesawat tersebut pertama kali diumumkan akhir pekan lalu oleh Menteri Pertahanan Iran, Amir Hatami yang mengatakan bahwa Iran akan memamerkan pesawat buatan dalam negerinya pada Rabu.

Hatami mengatakan, Iran bertindak dalam kerangka strategi pencegahan aktif untuk “memperoleh apa pun yang diperlukan untuk pertahanan negaranya.” Dia juga menyatakan bahwa Iran terus mengembangkan sistem pertahanan rudalnya.

Diumumkannya program persenjataan Iran ini dilakukan di saat Teheran menghadapi ancaman sanksi baru dari Washington setelah Presiden Donald Trump menarik AS keluar dari Perjanjian Program Nuklir Iran Mei lalu. Trump mengatakan, Perjanjian Program Nuklir yang ditandatangani pada masa pemerintahan Presiden Obama tidak cukup baik dan menuntut dilakukannya revisi.(wol, okz/data1)

Check Also

Bea Impor Baru AS-Cina Tekan Rupiah ke Rp 14.933 per Dolar

JAKARTA, Waspada.co.id – Bank Indonesia (BI) memandang pelemahan rupiah pada perdagangan hari ini, Selasa (18/9), ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: