_
Home / Warta / Mancanegara / Intelijen Venezuela Tangkap Wakil Pemimpin Oposisi
Edgar Zambrano, Wakil Pemimpin Oposisi (Venezuela Analysis)

Intelijen Venezuela Tangkap Wakil Pemimpin Oposisi

CARACAS, Waspada.co.id – Agen intelijen Venezuela dilaporkan menahan wakil ketua Majelis Nasional (parlemen), Edgar Zambrano, karena mendukung upaya pemberontakan dan demonstrasi besar-besaran pada 1 Mei lalu. Zambrano merupakan wakil dari Juan Guaido, ketua Majelis Nasional sekaligus presiden interim Venezuela.

Guaido juga memimpin upaya pemberontakan dan demonstrasi pekan lalu yang ditujukan untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro. Guaido segera mengecam penangkapan wakilnya tersebut.

“Kami memperingatkan warga Venezuela dan komunitas internasional bahwa rezim telah menculik wakil presiden pertama Majelis Nasional,” ucap Guaido melalui Twitter, Rabu (8/5).

Guaido menegaskan rezim Maduro “berupaya menghancurkan kekuasaan yang mewakili seluruh rakyat Venezuela” dengan melakukan penangkapan-penangkapan tokoh oposisi.

“Tapi, mereka (rezim Maduro) tidak akan berhasil,” katanya seperti dikutip AFP.

Krisis politik Venezuela semakin pelik terutama sejak demonstrasi oposisi selama perayaan Hari Buruh Internasional 1 Mei lalu berlangsung. Bentrokan aparat dan pendukung oposisi tak terhindarkan hingga memicu demonstrasi di sejumlah kota berakhir ricuh.

Jaksa Agung Venezuela, Tarek William Saab, menuturkan setidaknya lima orang tewas akibat bentrokan saat demo tersebut. Aparat Venezuela juga telah menahan 233 orang lainnya terkait unjuk rasa kemarin.

Sejauh ini, Caracas juga mendakwa sepuluh politikus pendukung oposisi karena diduga terlibat upaya kudeta pada 1 Mei lalu.

Dalam daftar itu terdapat mantan pemimpin parlemen atau Majelis Nasional Hendry Ramos Allup, Luis Florido, Marianela Magallanes, Jose Calzadilla, Americo De Grazia, Richard Blanco, Freddy Superlano, Sergio Vergara, dan Juan Andres Mejia.

Mereka dituduh melakukan “pengkhianatan tingkat tinggi” dan konspirasi.

Mahkamah Agung juga meminta Majelis Konstituen-parlemen tandingan buatan Maduro–memeriksa kemungkinan pencabutan kekebalan terhadap anggotanya yang mendukung oposisi.

Sejauh ini, Majelis Konstituen telah melucuti kekebalan hukum tujuh anggotanya yang kedapatan mendukung pemberontakan dan demonstrasi oposisi pada 30 April dan 1 Mei lalu. Guaido tidak masuk dalam daftar tersebut. (cnn/data2)

Check Also

Agen Rusia Divonis AS 18 Bulan Penjara, Putin Berang “Ini Sewenang-wenang”

WASHINGTON,Waspada.co.id – Hakim federal Amerika Serikat (AS) menjatuhkan hukuman 18 bulan penjara kepada Maria Butina, agen ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: