Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Injak Usia 50 Tahun, Jokowi: Kebersamaan yang Membanggakan
(Liputan6.com/Ahmad Romadoni)
(Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

Injak Usia 50 Tahun, Jokowi: Kebersamaan yang Membanggakan

JAKARTA, WOL – Presiden Jokowi menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang tahun ini telah menapaki usia yang ke-50 tahun. Demikian disampaikan Jokowi saat menghadiri peringatan hari ASEAN ke-50 di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

“Tahun ini merupakan tahun yang sangat penting bagi ASEAN. Karena di tahun ini ASEAN menginjak usia yang ke 50 tahun. Menapaki usia setengah abad, sebuah kebersamaan yang sangat membanggakan,” ujar Jokowi.

Dalam perjalanannya hingga usia 50 tahun ini, Jokowi merasakan ASEAN selalu bersama serta bergandengan tangan dalam semangat persaudaraan. “Berjalan bersama untuk menciptakan ekosistem perdamaian, kokoh menjaga stabilitas, serta bergerak terus mewujudkan kesejahteraan bersama,” katanya.

Menurut Kepala Negara, hal inilah yang membuat ASEAN menjadi sangat berbeda dan istimewa dibandingkan dengan yang terjadi di kawasan-kawasan dunia lainnya. “Sementara di banyak kawasan muncul berbagai konflik, ASEAN telah mampu mengelola kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan yang stabil,” ungkapnya.

Jokowi menuturkan, disaat banyak negara atau kawasan beradu kekuatan untuk menyelesaikan masalah, maka ASEAN menyelesaikan masalah dengan cara-cara dialog dan negosiasi.  “Sementara banyak cara menggunakan megaphone diplomasi dan mensikapi suatu masalah maka ASEAN memilih bekerja bersama dalam menyelesaikan masalah,” bebernya.

“Sementara banyak negara dan kawasan mulai pesimis dengan integrasi ekonomi, maka ASEAN terus bergerak maju membangun integrasi ekonomi, bukan hanya antar negara ASEAN namun juga dengan negara-negara sahabat,” sambungnya bangga. (inilah/ags)

Check Also

Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Foto: Antara)

Soal Pileg 2019, Romahurmuziy: Sosok Jokowi Dapat Tingkatkan Suara Partai

  SEMARANG – Ketua Umum PPP Romahurmuziy menyebut sosok Joko Widodo dapat meningkatkan perolehan suara ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.