Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Inilah Kementerian Yang Paling Banyak Diincar CPNS
Ilustrasi CPNS/Foto: Antara

Inilah Kementerian Yang Paling Banyak Diincar CPNS

JAKARTA, Waspada.co.id – Pelaksanaan proses seleksi abdi negara yang diklaim terbesar di Asia Tenggara, seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, mulai digelar di Indonesia mulai Rabu (19/9). Itu dimulai dari rencana dibukanya akses portal terintegrasi sscn.bkn.go.id yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) per hari ini.

Terlepas dari sulitnya warga membuka laman tersebut, Humas BKN Mohammad Ridwan menceritakan mengenai sejumlah kementerian dan instansi yang kerap jadi favorit para pencari kerja.

“Tahun lalu Kemenkeu, BPKP, Kementerian PUPR, Kemenlu. Itu yang paling banyak,” ujar Ridwan saat jumpa pers di Kantor BKN, Jakarta Timur, Rabu (19/9).

Kementerian dan lembaga tersebut memang diakui Ridwan menawarkan gaji yang lebih tinggi dibanding lainnya. Kemenkeu, misalnya, merupakan kementerian dengan tunjangan paling tinggi di antara instansi negara lainnya. “Yang rinci saya nggak punya angkanya,” ujar Ridwan.

Namun Ridwan mengatakan sebenarnya tunjangan CPNS di daerah juga tak kalah besar. Bahkan di daerah tertentu pegawainya mendapatkan tunjangan lebih besar dibanding pegawai di pusat. Itu, katanya, menjadi daya tarik tertentu bagi warga Indonesia yang ingin mengikuti seleksi CPNS.

Kendati demikian, ada saja beberapa lowongan yang malah kekurangan peminat. Tahun lalu, sambungnya, yang kurang pelamar adalah untuk posisi guru berpendidikan strata 2 (S2) guna mengajar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

“Ada beberapa yang lain malah kurang. Misalnya, yang sangat spesifik itu dulu di guru S2 di STIN itu nggak berani, sudah karena STIN itu di bawah BIN, jadi persepsinya menakutkan padahal itu bisa,” ujar Ridwan.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyatakan sebanyak 51.271 CPNS dibutuhkan di instansi pusat yang terdiri atas 76 kementerian/lembaga. Selain itu, sisanya, 186.744 slot CPNS ada di 525 instansi daerah. Untuk di tingkat pusat, Kementerian Agama (Kemenag) paling banyak membuka slot CPNS 2018 yakni 17.175. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

Situs CPNS sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses, Apa Sebab?

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut masih ada 509 dari keseluruhan 525 instansi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: