Home / Warta / Politik / Inilah Faktor Mengapa Parpol Tak Punya Caleg
foto: inilah

Inilah Faktor Mengapa Parpol Tak Punya Caleg

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengungkapkan alasan kemungkinan parpol peserta pemilu tidak memiliki caleg di daerah pemilihan (dapil) tertentu.

Ia mengatakan ada dua faktor yang menjadi penyebab hal itu terjadi. Faktor itu antara lain tidak adanya calon yang diajukan dan masalah dana kampanye.

“Penyebabnya kemungkinan parpol ini tidak mengajukan atau mengajukan caleg tapi tidak memenuhi syarat. Berkaitan juga dengan dana kampanye. Misalnya, parpol tidak menyampaikan dana kampanye hingga batas yang ditentukan, maka dibatalkan sebagai peserta di dapil bersangkutan,” jelas Hasyim di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/8).

Dengan demikian, ia mengatakan jika pemilih di daerah tersebut tetap memilih parpol yang tak memiliki calonnya, maka suaranya dianggap tidak terhitung.

“Kalau misalnya karena masalah faktor tadi dan sudah dicetak di surat-suara (ada partainya), maka calon ini dianggap tidak ada. Pilihan pemilih bisa dialihkan ke parpol lain,” terangnya.

Dengan demikian, setiap parpol harus menerima konsekuensinya jika kasus ini terjadi dan dua faktor yang dijelaskan Hasyim menjadi penyebabnya, khususnya karena persoalan dana kampanye.

“Atau ada di surat suara memuat nama partai dan calonnya, konsekuensi kalaupun ada yang memilih maka disitu tidak bermakna dan ditetapkan sanksi tidak ditetapkan sebagai calon terpilih,” pungkasnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

PDIP Tetap Laksanakan PKPU Soal Larangn Eks Koruptor Nyaleg

JAKARTA, Waspada.co.id – Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan partainya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: