Home / Warta / Politik / Inilah Diplomasi Layang-layang Ala Jokowi
foto: Istimewa

Inilah Diplomasi Layang-layang Ala Jokowi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India Narendra Modi bermain layang-layang bersama di halaman Monumen Nasional (Monas), Rabu (30/5) siang.

Bermain layang-layang bersama dilakukan kedua kepala negara seusai rangkaian upacara dan agenda resmi kunjungan PM Modi beserta delegasi di Istana Merdeka, Rabu (30/5) pagi tadi.

Berdasarkan pantauan awak media, Presiden Jokowi mengendarai sendiri mobil golf bersama PM Modi dari halaman Istana Merdeka menuju Monas.

Setibanya di Monas, kedua kepala pemerintahan disambut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Pariwisata Arief Yahya. Jokowi dan PM Modi kemudian langsung memotong pita bersama, meresmikan pameran Indonesia-India Kite  Exhibition.

Jokowi dan Modi langsung meninjau pameran layangan di pelataran Monas. Beberapa layangan bergambar tokoh-tokoh dari kisah Mahabrata dan unsur-unsur khas India lainnya.

Di tengah peninjauan, Modi sempat berhenti sebentar di depan penyanyi tradisional yang sedang menyanyikan lagu Betawi, Jali-Jali. “Ini musik tradisional Indonesia?” tanya Modi yang dijawab senyum dan anggukan Jokowi.

Setelah itu, mereka langsung menuju ke tengah lapangan untuk bermain layangan yang telah diterbangkan sebelumnya. Jokowi dan Modi sempat ditawarkan sarung tangan sebelum bermain. Tetapi keduanya menolak dan bermain dengan tangan kosong.

Presiden Jokowi terlihat mengendalikan layangan bergambar bendera India. Sementara itu, PM Modi mengendalikan layangan putih bertuliskan 70 tahun hubungan India-Indonesia. Mereka terlihat asik menarik ulur tali layangan beberapa menit. Setelah itu, tali layangan diberikan kepada staf dan keduanya bersalaman tangan.

Jokowi dan PM Modi menyambut nota kesepahaman (MoU) antara Museum Layang-layang Jakarta dengan Museum Layang-layang Ahmadabad. Dalam pernyataan bersama juga disebutkan bahwa kedua negara mengapresiasi Pameran Layang-layang Bersama dengan tema ‘Ramayana’ dan ‘Mahabarata’ yang untuk pertama kalinya digelar di Museum Nasional (Monas), Jakarta.

Sebelum meninggalkan Monas, keduanya juga sempat berfoto bersama boneka maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Kaka, dan Atung. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

PDIP-Gerindra Berpeluang Koalisi, Asal…

JAKARTA, Waspada.co.id – Sekretaris Jenderal (sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan, tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: