_
Home / Warta / Teknologi / Ini Trik Menghemat Bagi Kamu Yang “Fakir Kuota”
Ilustrasi

Ini Trik Menghemat Bagi Kamu Yang “Fakir Kuota”

Waspada.co.id – Saat ini kebutuhan manusia akan internet dan aplikasi di smartphone semakin meningkat. Tak hanya untuk mencari informasi, terkadang juga untuk melihat foto di Instagram dan video YouTube.

Sayangnya, atifiktas tersebut mampu membuat kuota Anda cepat habis. Nah, kali ini Okezone akan memberikan beberapa tips menghemat kuota, seperti dilansir dari laman Hongkiat, Rabu (28/11/2018).

1. Selalu Pantau Penggunaan Data Anda

Ketika Anda memiliki kuota data seluler, hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah memonitor penggunaan data Anda. Tepatnya, Anda harus memantau aplikasi mana yang menggunakan sebagian besar data dan tepat berapa banyak yang digunakan. Semakin Anda memahami tentang kebutuhan Anda, semakin baik Anda dapat mengelola kuota Anda.

2. Gunakan Aplikasi Pengingat

Ketika berselancar di internet dan aplikasi, Anda akan cenderung lupa untuk memantau penggunaan data Anda. Itulah mengapa Anda harus mengatur alarm untuk mengingatkan Anda ketika Anda menggunakan terlalu banyak kuota Anda.

Di iOS, unduh My Data Manager, aplikasi yang berguna yang akan memonitor penggunaan data ponsel Anda. Anda dapat mengatur jumlah kuota Anda, dan kapan Anda ingin aplikasi memberi tahu Anda tentang penggunaan data Anda.

3. Manfaatkan Wi-Fi Dimanapun

Cara paling ampun untuk menghemat data Anda adalah dengan menggunakan sejarang mungkin kuota internet. Bukannya Anda tak harus memakainya, namun siasati dengan peralihan ke Wi-Fi dikantor maupun cafe yang Anda datangi.

Kemudian cobalah unduh musik dan video ke perangkat Anda. Beberapa aplikasi menawarkan opsi untuk melakukan pramuat konten mereka hanya di Wi-Fi.

4. Gunakan Koneksi Data yang Lebih Lambat

Semakin cepat kecepatan data Anda, semakin banyak Anda menjelajah. Sehingga banyak data yang akan terserap lebih banyak. Solusinya, jika memungkinkan alihkan ke 3G atau lebih baik, Edge. Kecepatan yang lebih lambat akan mengurangi penggunaan data Anda dan perangkat.

5. Matikan Data Untuk Aplikasi Tertentu

Ada beberapa aplikasi yang tidak peduli berapa kali Anda menutupnya pasti akan memaksa Anda untuk datang lagi. Seperti saja, Instagram, YouTube, Snapchat dan masih banyak lagi. Untuk itu, tak harus menghapusnya cobalah memilih aplikasi yang mana diperlukan dan matikan data untuk aplikasi tertentu dalam jangka waktu yang Anda inginkan. (okz/data1)

Check Also

Sama Seperti Pocophone, Seri Redmi Resmi Jadi Sub-brand Dari Xiaomi

Waspada.co.id – Xiaomi baru saja mengumumkan bahwa Redmi, yang selama ini jadi lini seri ponsel, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: