_
Home / Warta / Teknologi / Ini Tips Aman Mengemudi di Tanjakan Bagi Pemula
Ilustrasi

Ini Tips Aman Mengemudi di Tanjakan Bagi Pemula

Waspada.co.id – Tanjakan menjadi salah satu tantangan bagi para pengemudi pemula. Sebab jika tak biasa dan kurang pengalaman, bisa saja mesin mogok dan mobil mundur.

Jika di jalur datar, pengemudi mungkin hanya perlu memastikan untuk mengatur ritme injakan pedal gas dan teliti saat melakukan pengereman bersamaan dengan kopling. Tapi berbeda dengan jalura yan gmenanjak, ketepatan pengendalian kopling, rem, dan pedal gas perlu lebih diperhatikan.

Supaya mesin mogok dan mobil jadi mundur tak terjadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti disebutkan pada laman resmi Suzuki.

Pertama, coba perhitungkan kemiringan jalan. Jika kemiringan jalan tak terlalu curam maka, Otolovers bisa mengendarai mobil dengan memposisikan gigi persneling nomor 2 atau 3. Tapi jika kemiringannya terlalu curam, maka pakai gigi 1 saja ya.

Kedua, soal pengereman, apalagi saat kondisi jalan juga macet. Mengerem di jalan menanjak perlu teknik khusus. Ada 3 cara yang bisa dilakukan, berhenti dengan rem tangan jika kemacetan panjang.

Lalu, mengerem dengan menggunakan rem kaki jika akan berhenti karena jeda sebentar saat di jalur yang tak terlalu curam. Otolovers juga bisa berhenti dengan cara setengah kopling, jika harus berhenti dalam jedacukup singkat dengan tanjakan tidak terlalu tinggi.

Terlepas dengan tips tersebut, pengemudi pemula tetap harus sering berlatih. Dengan begitu, semakin sering maka akan semakin terbiasa. (otosia/data1)

Check Also

Instagram Jadi Medsos Terburuk untuk Kesehatan Mental?

Sudah tidak diragukan lagi kalau Instagram, kini menjadi media sosial paling terpopuler mengingat banyaknya pengguna ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: