Home / Warta / Mancanegara / Ini Syarat Irlandia Akui Palestina Negara Merdeka
foto: Wikipedia

Ini Syarat Irlandia Akui Palestina Negara Merdeka

DUBLIN,Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri Irlandia, Simon Coveney menyatakan, Dublin mungkin mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka jika pembicaraan mengenai solusi dua negara dengan Israel terus menemui kegagalan.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, Coveney menyatakan, pihaknya belum akan mengakui Palestina secara resmi, karena untuk memberikan waktu bagi pembicaraan solusi dua negara. Namun, jika pembicaraan itu menemui kegagalan, maka Dublin tidak memiliki pilihan lain, selain mengakui Palestina secara resmi.

“Kami telah membuat pilihan untuk tidak secara resmi mengakui negara Palestina terlebih dahulu,” kata Coveney dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (23/9).

“Tetapi, jika kami terus melihat kegagalan dalam dialog ini, kami akan dipaksa untuk meninjau itu (pengakuan Palestina) untuk alasan yang jelas, karena saya pikir banyak negara lain di Eropa juga,” sambungnya, merujuk pada dialog mengenai solusi dua negara.

Sementara itu, ketika ditanya apakah dia yakin Israel sedang bergerak untuk memaksakan rezim bergaya apartheid. Coveney hanya mengatakan dia melihat terjadi pendudukan di tanah Palestina dan itu adalah hal yang ilegal.

“Kami melihat adanya pendudukan di wilayah Palestina. Dan, sementara pendudukan itu terjadi kami melihat ekspansi pemukiman Israel ke tanah Palestina. Dalam pandangan kami itu ilegal,” ungkapnya. (sindo/data1)

Check Also

Soal Yerusalem, Kemlu Tegaskan ke Prabowo Posisi RI Tetap Sama

JAKARTA, Waspada.co.id – Kementerian Luar Negeri RI menegaskan posisi Indonesia dalam menekan Australia terkait rencana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: