Home / Warta / Politik / Ini Prestasi Irjen Rudy Sufahriadi Calon Kapolda Metro
Foto: Liputan6

Ini Prestasi Irjen Rudy Sufahriadi Calon Kapolda Metro

JAKARTA, Waspada.co.id – Nama Kepala Korps Brimob Irjen Rudy Sufahriadi mencuat dalam beberapa jam kebelakang. Namanya digadang-gadang akan menjadi Kapolda Metro Jaya.

Diprediksi akan menggantikan posisi Kapolda Metro Irjen Idham Azis yang akan naik jabatan menjadi Wakapolri. Irjen Rudy rupanya punya segudang prestasi untuk menduduki posisi sebagai Kapolda Metro Jaya.

Rudy disebut sebagai salah satu orang yang paham benar soal teroris Poso. Dengan pangkat AKBP, selama dua tahun Rudy menjabat sebagai Kapolres Poso dari tahun 2005 hingga 2007. Di Poso, ia juga hampir menjadi korban penembakan teroris saat baru menjabat dua bulan sebagai Kapolres.

Setelah selesai menunaikan salat subuh berjamaah di Masjid Raya Poso, Rudy ketika itu ditembak salah seorang dari dua orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor. Namun, ia dalam kondisi sigap dan berhasil meloloskan diri dari tembakan.

Posisi Rudy kemudian digantikan oleh AKBP Adeni Mohan Daeng Pabali, dan Rudy dimutasi sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Pada tanggal 11 Agustus 2010, posisi Rudy sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara digantikan oleh Kombes. Pol. Andap Budhi Revianto, dan ia ditarik ke Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Pada tahun 2010, saat menjadi Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Rudy menuangkan pengalaman dan kemampuannya melalui sebuah buku yang bertajuk “Perkembangan Teroris di Indonesia dan Penanggulangannya”.

Bahkan yang terbaru, Rudy mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian karena keberaniannya untuk bertindak tegas saat terjadi serangan di Polda Riau Mei 2018. Saat itu, Rudy, berani mengambil tindakan dan menembak mati ketiga terduga teroris. (inilah/ags/devi)

Check Also

Sekjen Golkar: Penunjukan Syafruddin Tak Terkait Politik

JAKARTA, Waspada.co.id – Sekretaris Jendral Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus membantah bahwa penunjukan Komjen Syafruddin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: