Breaking News
Home / Warta / Politik / Ini Kata Masinton Soal Hak Angket Untuk KPK
WOL Photo/Ucok Ridin
WOL Photo/Ucok Ridin

Ini Kata Masinton Soal Hak Angket Untuk KPK

MEDAN, WOL – Anggota Komisi III DPR RI, Masinton Pasaribu menyebutkan bergulirnya hak angket terhadap Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK) adalah hak pengawasan yang dimiliki oleh DPR, dan jangan dipersepsikan macam- macam.

“Karena banyak informasi dan laporan tentang SOP KPK diinternalnya kemudian juga ada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) audit BPK RI tahun 2015, ada 7 poin penyimpangan dalam pengelolaan anggaran di KPK,” ujar Masinton pada dikusi bersama para aktivis di Kantin Kirori Jalan Tenis Medan, Kamis (4/5).

Masinton, menyebutkan KPK  harus bekerja sempurna dalam rangka penegakan hukumnya, karena kewenangan KPK itu sangat besar dan dukungan publik sangat besar dan jangan sampai disalahgunakan oleh oknum-oknumnya.

“Maka kita semua berkomitmen pada pemberantasan korupsi dengan tetap penegakan hukum tanpa melanggar hukum. Hak angket ini bukan ditujukan pada hal-hal lain misalnya masuk ke ranah Yudisial, penagakan hukum yang dimiliki KPK, tidak. Karena penegakan hukum dalam penanganan kasus-kasus perkara korupsi adalah domain tupoknya  KPK,” ujarnya.

Lanjutnya, hak angket terhadap KPK adalah dalam rangka fungsi pengawasan terhadap kinerja kelembagaan KPK  secara organisasi  sudah tepat atau belum.

“Hak angket ini belum berjalan, hak angketnya baru disepakati, agendanya belum ditentukan, anggota pansusnya juga belum, jadi kita tunggu saja hak angket ini pansusnya terbentuk dan mereka bekerja dan kita ikuti prosesnya,” kata Masinton.

Kalau ada ungkapan bergulirnya hak angket terkait kasus yang ditanganai KPK saat ini seperti e-KTP, Masinton menyebutkan itu adalah pandangan yang salah. “Hak anggket ini tidak masuk dalam tangka tupoksinya KPK dalam menangani perkara. Silakan KPK bekerja menangani perkara-perkara korupsi tanpa merasa terganggu dengan adanya angket ini.

Angket ini cuma mendalami proses disamping temuan audit BPK juga ada proses SOP di dalam KPK, agar kewenangan besar tadi jangan disalahgunakan oleh oknum-oknum di KPK dan kerja-kerja pemberantasan korupsi bisa dibenahi dan bergerak lebih maju lagi ke depan,” katanya.(wol/rdn/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

foto: zimbio

Badai Cedera, Barca Tetap Fokus Poin Penuh

TURIN, WOL – Barcelona hanya membutuhkan satu poin saja untuk bisa memastikan diri lolos dari ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.