_
Home / Warta / Politik / Ini Kata Ketua DPR Soal Formasi CPNS 2018
Pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 melakukan pendaftaran CPNS secara online melalui situs Badan Kepegawaian Negara (BKN), Medan, Rabu (26/9). Pendaftaran CPNS 2018 secara online dimulai pada Rabu (26/9) untuk mengisi 238.015 formasi yang tersebar untuk instansi pusat dan daerah. (WOL Photo/Ega Ibra)

Ini Kata Ketua DPR Soal Formasi CPNS 2018

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan telah mengungkap informasi dari Pemerintah mengenai rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2018 dengan formasi keseluruhan sebanyak 238.000 orang.

“Informasi yang saya terima, dari total formasi CPNS, sekitar 112.000 orang akan dialokasikan untuk tenaga guru, termasuk guru honorer dan guru agama yang belum diangkat,” kata Bambang Soesatyo, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (26/9).

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, selain tenaga guru, Pemerintah juga mengalokasikan penerimaan CPNS tenaga kesehatan sekitar 60.000 orang, meliputi tenaga dokter, bidan, perawat, dan apoteker, yang belum diangkat menjadi PNS.

“Formasi penerimaan CPNS ini, baik tenaga honorer maupun yang baru lulus, tetap melalui proses tes yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah,” katanya.

Sementara itu, terhadap pegawai honorer yang telah berusia melampaui 35 tahun, menurut dia, berdasarkan informasi dari Pemerintah, akan diberikan kesempatan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pegawai honorer yang akan ditetapkan menjadi PPPK tetap harus melalui proses seleksi. Pegawai honorer yang memenuhi syarat sesuai persyaratan, yang akan ditetapkan menjadi PPPK,” katanya.

Sedangkan pegawai honorer yang ikut seleksi CPNS tapi dinyatakan tidak lulus, menurut dia, akan dikembalikan kepada pemerintah daerah ataupun kementerian/lembaga yang mempekerjakan pegawai honorer tersebut sebelumnya. “Namun, gaji yang diberikan tidak boleh di bawah UMR (upah minimum regional),” katanya. (ant/ags/data1)

Check Also

Peserta Lulus Tes CPNS di Nagan Raya Dipersoalkan

SUKA MAKMUE, Waspada.co.id – Indikasi rekayasa kelulusan peserta tes CPNS di Nagan Raya semakin terbuka lebar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.