Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Ini Kata Kalapas Gunung Sindur soal Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir
Yusril Ihza Mahendra Temui Abu Bakar Ba'asyir di LP Gunung Sindur, Jawa Barat (foto: Dokumentasi Pribadi Yusril)

Ini Kata Kalapas Gunung Sindur soal Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir

agregasi

 

BOGOR– Kepala Lapas Gunung Sindur Sopiana mengatakan, masih menunggu konfirmasi pimpinan terkait pembebasan terpidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir. Ia pun belum bisa memastikan, apakah Ba’asyir jadi dibebaskan atau tidak.

“Pembebasan Abu Bakar Baasyir itu saya masih menunggu konfirmasi pimpinan,” kata Sopiana kepada awak media di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Rabu (23/1/2019).

Sementara pihak keluarga Ba’asyir sudah banyak yang berdatangan ke Lapas Gunung Sindur. Namun, awak media yang juga berada di lokasi dilarang memasuki area lapas dan hanya bsia menunggu di area depan gerbang lapas.

Sebelumnya, kuasa hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)- Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra menyatakan, pembebasan Ba’asyir sudah disetujui Presiden, Menteri Hukum dan HAM, dan Kapolri. Namun, pembebasan tersebut dikaji ulang. Ba’asyir yang seharusnya dibebaskan hari ini pun batal.

“Ustadz Abu Bakar seorang ulama yang harus dihormati dan kebebasan beliau perintah dari Presiden Joko Widodo atas nama kemanusiaan karena kondisinya sudah uzur dan keadaannya sedang sakit yang memerlukan perhatian dari keluarga,” kata Yusril di Lapas Gunung Sindur, pekan lalu

Yusril memastikan, Ba’asyir bebas usai mengurus administrasi di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Upaya pembebasan Ba’asyir, kata Yusril, sudah dilakukan Yusril sejak Desember 2018, namun tidak ada hasil karena kendala peraturan dan persyaratan.

Sementara itu, Abdul Rohim anak Ba’asyir mengaku bersyukur atas dibebaskan ayahnya dari masa tahanan di Lapas Gunung Sindur.

Ia mewakili atas nama keluarga, mengucapkan terima kasih sehingga Allah SWT membalas kebaikan Presiden Jokowi. Setelah bebas dari masa tahanan di lapas tersebut, Ba’asyir akan tinggal di Pondok Pesantren Al-Mukmin di Ngruki, Sukaharjo, Jawa Tengah.

“Bapak bebas murni sebagai warga biasa dan menjalani aktivitas sehari-hari di pondok pesantren,” ujar Abdul Rohim.

Check Also

Abu Bakar Ba’asyir Batal Bebas, Kuasa Hukum Akan Ngadu ke DPR

  BOGOR – Kuasa hukum narapidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir, Mahendradatta meminta pemerintah menepati janji ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: