_
Home / Warta / Teknologi / Ini Antisipasi Dari WhatsApp Jika Smartphone Kamu Hilang
Istimewa

Ini Antisipasi Dari WhatsApp Jika Smartphone Kamu Hilang

Waspada.co.id – Semua rasanya tidak ingin mengalami smartphone atau handphone hilang atau dicuri. Panik dan was-was akan melanda, sebab kamu terputus dengan kontak dan akun media sosialmu, salah satunya WhatsApp.

Terkait dengan hal ini, WhatsApp sudah mengantisipasinya. Platform pesan instan milik Facebook itu telah memiliki prosedur dalam insiden telepon kamu hilang atau dicuri.

Prosedur dan langkah yang disampaikan WhatsApp ini bertujuan untuk memastikan orang lain tidak bisa menggunakan akun WhatsApp kamu.

Berikut langkah dan hal yang kamu perhatikan saat mengalami insiden tersebut, dikutip dari laman WhatsApp, Rabu 9 Januari 2019:

Blokir kartu SIM kamu
Pertama, langkah pengamanan yakni segera hubungi penyedia layanan seluler kamu untuk memblokir kartu SIM yang ada di smartphone kamu.

Dengan blokir kartu SIM, memastikan orang lain tidak bisa menerima verifikasi akun WhatsApp. Sebab verifikasi akun ini memerlukan SMS atau panggilan.
Lapor lewat email

Nah, ini yang perlu kamu lakukan. Laporkan insiden ini ke WhatsApp melalui email. WhatsApp memberikan acuan dalam judul email tulislah: ‘Hilang/dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya’ pada badan email ke alamat: support@whatsapp.com.

Jangan lupa sertakan nomor telepon kami dalam format internasional lengkap ya.

Mengapa perlu mengirim email, langkah memblokir kartu SIM saja tidak cukup. Sebab, meski kartu SIM terblokir dan layanan telepon dinonaktifkan, akun WhatsApp masih tetap digunakan dengan koneksi Wi-Fi. Makanya pemblokiran kartu SIM perlu disempurnakan dengan permohonan menonaktifkan akun WhatsApp kamu dengan mengirim email laporan tersebut.

Akun nonaktif bukan mati

WhatsApp mengatakan, saat akun dinonaktifkan tidak berarti akun kamu sepenuhnya terhapus. Kontak yang kami miliki tetap bisa melihat profil kamu dan kontak kamu bisa mengirim pesan kepada kamu dengan status pesan tertunda selama 30 hari.

Jika kamu mengaktifkan kembali akun WhatsApp kami sebelum akun tersebut dihapus dari sistem WhatsApp, maka kamu akan menerima pesan yang tertunda pada telepon yang baru dan akan tetap berada di grup obrolan kamu.

Perhatikan, jika kami tidak mengaktifkan akun WhatsApp kamu dalam 30 hari maka akun tersebut sepenuhnya dihapus dari sistem WhatsApp.

WhatsApp tak bisa cari ponselmu

Dalam kasus ponselmu hilang atau dicuri, WhatsApp menegaskan tidak dapat membantu mencari lokasi telepon kamu. Menonaktifan akun WhatsApp secara jarak jauh dari perangkat lain tidak mungkin dilakukan. (viva/data1)

Check Also

Karyawan Facebook Bisa Cari Pasword Pengguna?

Waspada.co.id – Menurut KrebsOnSecurity, ratusan juta password pengguna Facebook disimpan dalam plain text (teks biasa) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: