Home / Warta / Mancanegara / Ini Alasan Duterte Berjanji Hanya Beli Senjata Dari Israel
foto: AP

Ini Alasan Duterte Berjanji Hanya Beli Senjata Dari Israel

TEL AVIV, Waspada.co.id – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengatakan negaranya hanya akan membeli persenjataan dari Israel. Pernyataan tersebut disampaikan ketika bertemu Presiden Reuven Rivlin, sebagaimana diwartakan Times of Israel baru-baru ini.

Dalam pernyataan berbahasa Ibrani, Duterte memuji Israel karena telah membantu Filipina memenangkan perang melawan terorisme.

“Saya telah memerintahkan militer agar dalam pengadaan peralatan terutama di sektor pengumpulan intelijen, kami hanya akan membelinya dari Israel,” kata Duterte.

Inquirer melaporkan selama ini Filipina membeli senjata maupun perangkat keras dari Amerika Serikat (AS). Presiden yang akrab disapa Digong itu menganggap AS sebagai teman baik. Namun, ketika membeli senjata, larangannya banyak.

“Begitu juga dengan Tiongkok maupun Jerman. Anda harus pastikan bahwa mereka memahami Anda,” ujar mantan Wali Kota Davao tersebut.

Berbeda dengan Israel, Duterte menyebut tidak melihat alasan Tel Aviv bakal mengawasi Filipina ketika membeli senjata mereka. Filipina dan Israel, kata Duterte, tidak terikat dengan kondisi geopolitik yang ada, dan berjuang di jalan yang mereka anggap benar.

Lebih lanjut, Duterte merinci kebutuhan dari Israel dan Filipina untuk memperkuat kerja sama di bidang kontra-terorisme. Sang presiden memberi contoh insiden pengeboman yang terjadi di Mindanao.

“Saya kira melalui kejadian itu kami harus membeli ataupun meminjam peralatan militer,” pungkasnya. (wol/aa/times/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Suriah Klaim Israel Jatuhkan Rudal di Bandara Internasionalnya

DAMASKUS, Waspada.co.id – Rudal Israel dikabarkan diluncurkan dengan menargetkan bandara internasional Damaskus di Suriah, Sabtu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: