_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Ini Alasan Bantuan Luar Negeri untuk Korban Gempa Lombok Tertahan
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Okezone)

Ini Alasan Bantuan Luar Negeri untuk Korban Gempa Lombok Tertahan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terpaksa menahan bantuan yang datang dari luar negeri untuk korban gempa yang berkekuatan 7,0 skala richter (SR) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, untuk memberikan bantuan harus melalui mekanisme yang sudah ditetapkan.

“Ada mekanisme nya bantuan LN (luar negeri) masuk LN harus diawali pernyataan resmi dari pemerintah,” tegas Sutopo di Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (8/8/2018).

Gempa Lombok

Penahanan bantuan yang datang dari luar negeri, dikarenakan hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum meminta bantuan dari luar negeri dalam menanggani bencana alam yang mengguncang Lombok.

“Sampai saat ini, presiden tak minta bantuan internasional, artinya tidak boleh masyarakat LN langsung masuk ke dalam. Kapasitas domestik masih mencukupi, masih mampu mengatasi dampak gempa bumi. Bantuan internasional belum dibutuhkan oleh Indonesia,” ucapnya.

Korban Gempa Lombok

Adapun LSM luar negeri yang sudah terlanjur ada di lokasi, petugas terpaksa menahan bantuan dan melarang melakukan aktivitas di lokasi evakuasi.

“Yang sudah terlanjur kita hold disitu, enggak boleh gerak dia tak boleh melakukan aktivitas lapangan sampai ada pernyataan dari pemerintah bahwa Indonesia membuka bantuan internasional, ini menyangkut masalah kedaulatan,” tutupnya.

Check Also

PBB Temukan Bukti Baru Kejahatan Perang di Myanmar

JENEWA, Waspada.co.id – Penyidik PBB menemukan pasukan keamanan dan pemberontak Myanmar melakukan pelanggaran hak asasi manusia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.