_
Home / Warta / Teknologi / Ini 5 Tips Sukses Berjualan di Media Sosial
Ilustrasi (ist)

Ini 5 Tips Sukses Berjualan di Media Sosial

Waspada.co.id – Berjualan online bukanlah hal yang baru di zaman seperti sekarang ini karena kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menawarkan produk dagangan kamu.

Selain untuk menambah pertemanan dan update isu terkini, media sosial juga dimanfaatkan sebagai alat untuk berjualan. Yap, berjualan di media sosial atau sering disebut sebagai jualan online bukanlah hal baru lagi sekarang ini.

Bahkan telah banyak jutawan atau pun miliarder yang sukses berbisnis di media sosial. Usianya pun beragam, ada yang dari kalangan muda atau pun kalangan usia di atas 30 tahun.

Tertarik untuk mulai berjualan online di media sosial tapi masih ragu dan bingung memulainya? Biar jualan kamu sukses, yuk, ikuti tips jitu berikut ini.

1. Menentukan target market
Setelah menentukan barang apa yang mau dijual, kini saatnya tentukan target pasar. Pastikan kamu membidik orang yang tepat, yang sesuai dengan barang ingin ditawarkan. Coba sasar kelompok tertentu, misalnya anak muda, perempuan atau pun ibu-ibu.

Isi pulsa telkomsel sebanyak-banyaknya dan hubungi relasi kamu, baik itu melalui WhatsApp, Telegram, LINE, dan media sosial lainnya. Kalau perlu, kamu bisa membuat grup yang mengangkat tema khusus, misalnya grup ‘Grosir Baju Impor Murah’ atau ‘Kerudung Murah’.

2. Membuat status yang menarik
Jika sudah berhasil menghubungi beberapa kenalan, jangan lupa untuk konsisten update status yang menarik di media sosial. Status yang menarik akan membuat orang melakukan LIKE dan akhirnya mengenal bisnis yang sedang kamu jalankan.

Namun perlu diingat, jangan pernah membuat status yang mengandung unsur SARA karena hal ini justru bisa menghancurkan bisnis kamu. Buatlah status dengan menitikberatkan pada kata-kata yang mudah diingat dan yang pastinya yang bisa viral di media sosial.

3. Menggunakan hashtag pada setiap posting-an
Poin ini tak kalah penting. Selalu gunakan hashtag pada setiap posting-an kamu di media sosial, khususnya di Facebook, Twitter, dan Instagram. Hashtag berfungsi untuk membuat banyak orang mudah melakukan pencarian produk.

Kamu bisa menuliskan hashtag sebanyak-banyaknya dalam satu posting-an produk, seperti #BajuGamisMurah #KerudungMurah #PusatGrosirKerudung dan lain sebagainya. Hashtag bisa kamu tambahkan di bagian caption dan comment.

4. Update foto profil secara berkala
Kalau mau dianggap sebagai online shop yang up to date, pastikan kamu selalu update foto profilmu di media sosial. Bila pengguna media sosial selalu melihat update dari akun kamu secara rutin, kemungkinan akan ada yang penasaran dan membuka akun media sosial kamu.

Ingat, mereka yang melihat-lihat akun media sosial kamu bisa menjadi salah satu calon konsumen.

Oleh sebab itu, aktiflah di media sosial dengan rajin meng-update foto profil. Untuk kamu yang menggunakan Instagram dan Facebook untuk promosi, tak ada salahnya untuk sesekali Live guna memamerkan koleksi barang dagangan kamu.

5. Merespon pelanggan secepat mungkin
Nah, setelah aktif berjualan, pastikan kamu selalu merespon konsumen dengan cepat guna mencegah kemungkinan pembeli batal membeli produk. Meski ada banyak konsumen yang hanya bertanya, kamu harus tetap memberikan respon.

Faktanya, sebagian besar pembeli yang tidak sabar akan memilih online shop lain bila penjualnya tidak segera membalas pertanyaan. Maka dari itu, kamu harus update media sosial tanpa batas agar tidak kehilangan banyak pelanggan.

Sebagai online shop yang peduli terhadap pelanggannya, kamu juga bisa menanyakan apakah barang telah sampai atau kamu juga bisa meminta testimoni kepada mereka. Testimoni ini yang akan membantu kamu mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Jadi, bagaimana, sudah siap jualan online?.(wol/rls/data2)

Check Also

3 Sindikat Curanmor Meringkuk di Kantor Polisi

MEDAN, WOL – Personil Unit Reskrim Polsek Percut Seituan mengungkap kasus pencurian becak bermotor milik Hotma ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.