_
Home / Warta / Mancanegara / Ingin Pererat Hubungan dengan China, Italia Setuju Hidupkan Jalur Sutera
Foto: Presiden China Xi Jinping mengklaim Italia ingin mempererat hubungan dagang dan investasi mereka dengan negaranya. (REUTERS/Jason Lee)

Ingin Pererat Hubungan dengan China, Italia Setuju Hidupkan Jalur Sutera

ROMA, Waspada.co.id – Presiden China Xi Jinping menyatakan Italia ingin bergabung dengan China dalam menghidupkan kembali Jalur Sutera Kuno. Menurutnya, Italia ingin mempererat hubungan dagang dan investasi dengan China.

Pernyataan tersebut ia sampaikan Jumat (22/3) saat dalam perjalanan menuju ke Roma, Italia. Sebagai informasi, Xi pekan ini memang menggelar kunjungan kenegaraan ke Italia.

Di Italia, Xi rencananya akan menandatangani perjanjian penting terkait keikutsertaan negara tersebut dalam Belt and Road Initiative yang digagas China.

Kalau penandatanganan jadi dilakukan, Italia akan menjadi negara anggota Kelompok Tujuh yang bergabung dengan proyek raksasa China tersebut.

“Kami memang ingin merevitalisasi Jalur Sutera kuno agar dapat berbagi buah dari kemajuan umat manusia supaya lebih baik,” kata Xi setelah pembicaraan dengan Presiden Italia Sergio Mattarella seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/3).

Selain kesepakatan tersebut, Italia dan China juga akan menandatangani berbagai perjanjian. Total nilai yang ditandatangani tersebut diperkirakan mencapai US$7,9 miliar.

Kesepakatan tersebut salah satunya dicapai dalam pembukaan pelabuhan utara Trieste dan Genoa ke peti kemas China. Kedekatan Italia untuk lebih dekat dengan Beijing tersebut telah menimbulkan kekhawatiran Washington dan sekutunya.

Bahkan, Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mendesak Roma untuk tidak memberikan legitimasi kepada China untuk mengembangkan infrastrukturnya. (cnn/data1)

Check Also

Pejabat AS Tuduh China Tahan Jutaan Warga Muslim di Kamp Konsentrasi

WASHINGTON, Waspada.co.id – Amerika Serikat (AS) pada Jumat menuduh China menempatkan lebih dari satu juta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: