Home / Warta / Mancanegara / Inggris Umumkan Tersangka Kasus Mantan Agen Rusia Diracun Saraf
foto: dailymail

Inggris Umumkan Tersangka Kasus Mantan Agen Rusia Diracun Saraf

LONDON, Waspada.co.id – Pemerintah Inggris mengumumkan tersangka kasus racun saraf yang menimpa mantan agen ganda Rusia dan putrinya. Dilaporkan Sky News, Rabu (5/9) kemarin, tersangka bernama Alexander Petrov dan Ruslan Boshirov dan dilaporkan berkebangsaan Rusia.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menyatakan, Petrov dan Boshirov diketahui merupakan perwira militer intelijen (GRU).

“Jadi ini bukanlah operasi kasar. Percobaan pembunuhan tersebut telah disetujui di level senior Rusia,” ucap May.

PM berusia 61 tahun itu berjanji bakal mengerahkan seluruh aparat penegak hukum untuk menangkal ancaman yang dilontarkan dua tersangka itu. BBC melaporkan Scotland Yard dan Jaksa Penuntut Kerajaan (CPS) berujar terdapat bukti untuk menjerat mereka.

Pernyataan itu didasarkan pada penyelidikan yang dilakukan polisi di kamar Hotel City Stay di Bow Road, tempat keduanya tinggal. Dalam tes yang dilakukan, terdapat jejak racun saraf Novichok yang digunakan kepada Sergey Skripal dan putrinya, Yulia.

“Hasil uji menunjukkan kontaminasi Novichok berada dalam level yang bisa menimbulkan kekhawatiran publik,” ulas Polisi Metropolitan.

Sebelumnya, Skripal dan putrinya ditemukan tak sadar di sebuah bangku di Salisbury pada 4 Maret lalu. Dari tubuh keduanya, tim intelijen Inggris menemukan racun saraf Novichok, yang dikembangkan di era Uni Soviet pada 1970-an.

May, menuduh Rusia sebagai pelakunya pada 14 Maret, mengumumkan pengusiran terhadap 23 diplomat Negeri Beruang Merah. Langkah itu diikuti oleh sekutu Inggris seperti Amerika Serikat (AS) dan Prancis. Setidaknya, 130 diplomat Rusia diusir dari seluruh dunia. (wol/aa/bbc/sky/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

31 Negara Ikut Latihan Perang Terbesar NATO di Norwegia

OSLO, Waspada.co.id – Angkatan bersenjata dari 31 negara ikut dalam latihan perang terbesar NATO sejak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: