Home / Warta / Mancanegara / Inflasi Filipina Meroket, Duterte Salahkan Trump
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Reuters)

Inflasi Filipina Meroket, Duterte Salahkan Trump

MANILA, Waspada.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyalahkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump setelah negaranya mengalami inflasi tertinggi dalam sembilan tahun. Kondisi ini mencoreng citra pemimpin populis Filipina itu.

Ini adalah pernyataan tidak terduga dari Duterte yang berapi-api, satu-satunya kritikus ganas terhadap AS. Namun, ia mampu merangkul Trump setelah taipan bisnis itu terpilih menjadi orang nomor satu di AS pada November 2016 lalu.

Ketika ditanya oleh wartawan tentang inflasi 6,4 persen pada Agustus, tertinggi dalam sembilan tahun yang melampaui perkiraan sebagian besar analis, Duterte menyalahkan kebijakan ekonomi Trump.

“Siapa yang memulainya? Amerika. Ketika Amerika menaikkan tarifnya, semua orang juga mengangkatnya. Begitulah. Tidak ada yang bisa kita lakukan,” katanya seperti dikutip dari AFP, Minggu (9/9).

“Karena Amerika…Trump menginginkannya. Bahkan pajak seperti pajak cukai, mereka membesarkannya. Bahkan mengimpor iuran,” sambung Duterte.

Ia kemudian mengklarifikasi bahwa dia tidak marah pada rekan populisnya itu. “Saya akan berbicara dengan teman Trump,” ujarnya.

“Saya tidak punya apa-apa untuk melawan rakyat Amerika, tidak sedikitpun … perasaan curiga terhadap Trump,” tambahnya.

Duterte, yang sebelumnya mengakui dia tidak berpengalaman dalam ekonomi, tidak merinci bagaimana kebijakan ekonomi AS dapat mempengaruhi inflasi di Filipina.

Duterte, yang mulai menjabat pada pertengahan tahun 2016, sebelumnya telah dikritik oleh para pejabat AS karena perang berdarah terhadap narkoba yang menurut pemerintahannya sendiri telah menyebabkan setidaknya 4.410 tersangka tewas.

Kelompok hak asasi manusia menuduh bahwa jumlah korban tewas sebenarnya tiga kali lebih tinggi tetapi Trump telah mengesampingkan kekhawatiran seperti itu, menyerukan “hubungan hebatnya” dengan Duterte.

Duterte, yang secara konsisten menikmati peringkat kepuasan yang tinggi, juga menuduh bahwa lonjakan inflasi dan kenaikan harga makanan sedang digunakan oleh oposisi untuk menyerangnya. (sindo)

Check Also

AS Persiapkan Langkah untuk Tekan Pemerintah Venezuela

WASHINGTON, Waspada.co.id – Amerika mempersiapkan serangkaian tindakan dalam beberapa hari ke depan untuk meningkatkan tekanan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: