Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Indonesia Juga Punya Dokumen ala Panama Papers
Ilustrasi : Okezone
Ilustrasi : Okezone

Indonesia Juga Punya Dokumen ala Panama Papers

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Panama Papers, dokumen yang berisi nama-nama sejumlah tokoh di dunia saat ini tengah menjadi perhatian serius bagi pemerintah Indonesia. Bahkan, Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro berencana akan melakukan investigasi khusus untuk menyelidiki nama-nama dalam Panama Papers yang diperkirakan melakukan pengemplangan pajak.

Namun, jauh sebelum Panama Papers bocor ke publik, Indonesia ternyata telah memiliki data yang hampir serupa dengan Panama Papers. Namun, data ini menjadi rahasia dari perusahaan dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

“Di sini (Indonesia) ada juga, tapi tidak seheboh yang di sana (Panama),” kata pengamat pajak Roni Bako kepada Okezone, Kamis (7/4/2016).

Data yang dimiliki oleh Ditjen Pajak selama ini ternyata juga berasal dari penyedia data yang bertindak sebagai manajer investasi setiap perusahaan. Berbeda dengan Panama yang memiliki Mossack Fonseca sebagai firma hukum, Indonesia memiliki sekira 68 penyedia jasa yang akan melaporkan setiap data perpajakan perusahaan kepada Ditjen Pajak. Penyedia jasa ini nantinya akan melaporkan data perpajakan per sektor.

“Kalau yang di sini (Indonesia) kan seperti manajer investasi, setiap bikin usaha dia yang atur semua. Jadi ada 68 penyedia jasa yang wajib menyediakan data ke Ditjen Pajak. Kayak hotel, restoran, per sektor. Nantinya Ditjen Pajak kroscek,” ungkapnya.

Untuk itu, masyarakat diharapkan tidak terpancing dengan nama-nama yang dirilis oleh Panama Papers. Meskipun data ini perlu diselidiki lebih lanjut oleh pemerintah, namun saat ini pemerintah telah memiliki data yang akurat dalam berbagai sektor. “Kartu kredit, mobil, motor, itu semua ada datanya,” tandasnya.

Check Also

Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono. (Foto: Antara)

Anies-Sandi Jadi Pemimpin Baru Jakarta, Dirjen Otda: Terjemahkan Janji-Janji Selama Kampanye

  JAKARTA – Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soni Sumarsono memberikan ucapan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.