Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Konsumsi beras orang Indonesia, 114 kg per tahun per kapita
WOL Photo

Konsumsi beras orang Indonesia, 114 kg per tahun per kapita

WASPADA ONLINE

JAKARTA – Pemerintah mengakui, konsumsi beras masyarakat Indonesia mencapai 114 kilogram (kg) per kapita per tahun atau 312 gram per kapita per hari. Konsumsi tersebut merupakan kesimpulan pemerintah terhadap data beras yang selama ini simpang siur.

Sebelumnya, ada beberapa data beras yang membuat pemerintah kesulitan membuat kebijakan dalam memenuhi kebutuhan beras masyarakat Indonesia. Pemerintah lebih sering memakai data Kementerian Pertanian (Kementan), di mana konsumsi beras masyarakat Indonesia sebesar 124 kg per kapita per tahun atau sebanyak 340 gram per kapita per hari.

“Rapat tadi adalah kita memvalidasi data-data tentang konsumsi beras. Nah kesimpulannya adalah bahwa data konsumsi beras tidak sebesar yang kita bayangkan selama ini. Oleh sebab itu, data konsumsi beras mungkin sekitar 114 (kg) dan itu data yang sudah dilakukan studi oleh BPS (Badan Pusat Statistik),” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, hari ini.

Ia menjelaskan, BPS telah melakukan pengamatan selama tiga tahun terhadap konsumsi beras rerata masyarakat Indonesia. Tak hanya BPS, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung validasi pengamatan konsumsi masyarakat Indonesia dengan mendapatkan angka yang sama, yakni 114 kg per kapita per tahun atau 312 gram per kapita per hari.

Sehingga, lanjut dia, dengan data terbaru yang sudah pasti ini membuat pemerintah merevisi proyeksi produksi beras nasional. Pasalnya, beberapa daerah penghasil beras saat ini banyak yang beralihfungsi ke sektor lain.

“Oleh sebab itu, kalau konsumsi sudah jelas maka kita perlu kalkulasi kembali tentang tingkat produksi (beras nasional),” pungkas Sofyan.

Selain data Kementan dan BPS/Kemendag, data terhadap konsumsi beras masyarakat Indonesia juga dikeluarkan oleh Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS dengan hasil data komsumsi beras sebesar 87,63 kg per tahun atau 240 gram per hari. Begitu pun data BPS, yang menghasilkan angka konsumsi sebesar 139 kg per tahun atau 380 gram per hari.

(dat06/mtv)

Check Also

Negosiasi 13 Tahun, Kemitraan RI-Australia Segera Rampung

Waspada.co.id – Setelah melalui negosiasi panjang selama 13 tahun, Australia dan Indonesia sepakat merampungkan Perjanjian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: