Home / Warta / Mancanegara / Indonesia, Amerika & Turki Kecam Serangan Teror Parade Militer Iran
foto: serangan teror saat parade militer di Iran (Reuters)

Indonesia, Amerika & Turki Kecam Serangan Teror Parade Militer Iran

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri melemparkan kecaman keras atas serangan serangan teroris mematikan baru-baru ini yang menargetkan parade militer di Iran selatan. Serangan itu menewaskan lebih dari 20 orang.

“Indonesia mengecam serangan teror di kota Ahvaz, Iran, pada 22 September 2018 yang menyebabkan sejumlah korban jiwa dan luka-luka termasuk anak-anak,” kata Kemlu RI melalui akun Twitternya, pada Minggu (23/9).

Dalam kicauannya, Kemlu RI menuturkan bahwa Indonesia menyampaikan simpati dan duka cita mendalam kepada pemerintah Iran, dan juga kepada keluarga, serta kerabat korban dalam serangan tersebut.

“Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tehran terus memantau perkembangan situasi. Hingga saat ini tidak ada laporan mengenai warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam insiden tersebut,” sambungnya.

“Bagi para WNI di Iran, diharapkan untuk selalu waspada, berhati-hati serta menghindari wilayah-wilayah yang rawan menjadi target terror dan terus menginformasikan keadaan dengan keluarga serta teman,” sambungnya.

Sementara, Amerika Serikat (AS) menyampaikan ucapan simpati kepada Iran pasca serangan terhadap pawai militer di Ahvaz. AS menyatakan dukungannya kepada Iran untuk memerangi dan mengutuk semua tindakan terorisme.

“Kami menyadari laporan serangan oleh orang-orang bersenjata pada parade militer Iran di Ahvaz. Kami berdiri bersama orang-orang Iran melawan momok terorisme Islam radikal dan mengungkapkan simpati kami kepada mereka pada saat yang mengerikan ini,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert.

“Amerika Serikat mengutuk semua tindakan terorisme dan hilangnya nyawa tak berdosa,” tegas Nauert seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (23/9).

Tak ketinggalan, Turki turut melemparkan kecaman keras atas serangan teror di kota Ahvaz, Iran. Serangan yang terjadi saat parade militer itu diketahui menewaskan setidaknya 20 orang dan melukai sejumlah orang lainnya.

“Kami dengan sangat sedih mendengar bahwa adanya serangan teroris menargetkan parade militer di kota Ahvaz yang mengakibatkan banyak nyawa hilang dan membuat banyak orang terluka,” kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

“Kami sangat mengutuk serangan teroris keji ini. Kami berharap rahmat Allah atas mereka yang kehilangan nyawa dan pemulihan cepat untuk yang terluka. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada rakyat dan Pemerintah Iran,” sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (23/9). (sindo/data1)

Check Also

China Bantah Tuduhan Mata-matai AS

BRUSSEL,Waspada.co.id – China membantah tuduhan spionase yang dilayangkan oleh Amerika Serikat. Hal ini terkait tuduhan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: