Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Impor Gula Salahi Prosedur
foto: citizendaily.net
foto: citizendaily.net

Impor Gula Salahi Prosedur

JAKARTA, WOL –  Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) meminta impor gula berdasarkan kuota kebutuhan dalam negeri bukannya berdasarkan kapasitas dari jumlah pabrik yang terpasang.

Mereka berharapa, izin impor itu berdasarkan kuota kebutuhan dalam negeri, bukannya berdasarkan kapasitas keterpasangan pabrik seperti yang terkesan saat ini.

Ketua APTRI Arum Sabil mengatakan, impor yang seharusnya ditujukan pada industri makanan dan minuman tersebut masih banyak yang rembes ke pasaran Rumah Tangga.

Sebenarnya impor tersebut, kata dia, memungkinkan dalam SK Mendag 117 Tahun 2015, yang mengatur pemerintah untuk melakukan impor gula putih langsung, memungkinkan impor gula mentah untuk diproses menjadi gula refinasi maupun untuk stok negara.

Terkait dengan rencana pemerintah untuk melakukan impor sebanyak 200.000 ton gula, Arum menilai itu adalah untuk kepentingan konsumsi dengan mendatangkan gula mentah dan diproses di dalam negeri.

“Setahu saya itu dikaitkan dengan kemungkinan untuk proses di pabrik gula rafinasi. Tapi yang saya tahu itu, sebenarnya masih memungkinkan impor langsung white sugar (gula putih), dan skema apapun memang memungkinkan, tapi yang jelas harus berdasarkan kebutuhan dalam negeri,” ucapnya.

Berdasarkan perhitungan APTRI, kebutuhan konsumsi Rumah Tangga saat ini hanya 2,5 juta ton per kapita dengan konsumsi 10 kilogram dan asumsi jumlah penduduk 254 juta. Sementara itu produksi gula nasional adalah 2,5 juta ton.(ant/data1)

Check Also

WOL Photo

3 Sindikat Curanmor Meringkuk di Kantor Polisi

MEDAN, WOL – Personil Unit Reskrim Polsek Percut Seituan mengungkap kasus pencurian becak bermotor milik Hotma ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.