Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / IHSG Hari Ini Ditutup Pada Level 0,27 Persen
Ilustrasi (foto: Ist)

IHSG Hari Ini Ditutup Pada Level 0,27 Persen

MEDAN, WOL – IHSG pada perdagangan hari ini ditutup menguat 17 basis poin atau 0.27% pada level 6.523.

Perdagangan saham hari ini terkesan ramai dimana frekuensi saham terjadi sebanyak 402.274 kali, IHSG bergerak di rentang 6.531 – 6.498.

Sentimen positif dari dalam negeri mampu memberikan kekuatan bagi IHSG untuk berakhir pada zona hijau. Dengan nilai transaksi sebesar Rp7,7 triliun.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, memandang penguatan IHSG hari ini didukung oleh sentimen positif dan dukungan berbagai pihak dalam perbaikan ekonomi Indonesia. Dimana dukungan tersebut berasal dari Standard Chartered Bank Indonesia yang optimistis perekonomian di Tanah Air akan semakin membaik pada tahun ini.

“Hal ini dipengaruhi oleh tiga faktor yakni perkembangan global, perkembangan domestik dan iklim investasi yang terus membaik,” tuturnya Senin, (12/2).

Tidak hanya itu, dukungan secara global juga tercermin dari penghargaan yang diterima oleh Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani, sebagai menteri terbaik di  dunia, melalui rincian masalah-masalah yang diangkat dari perekonomian Indonesia dan upaya-upaya serta kebijakan pemerintah yang dilakukan memberikan pengakuan secara Global bahwa perekonomian Indonesia terus membaik dan kedepannya akan lebih baik lagi.

“Bursa wallstreet ditutup naik setelah mengalami pelemahan yang dalam pada dimana Dow Jones Industrial Average naik 1,38%, NYSE naik 1,65%, Nasdaq naik 1,4% dan S&P 500 naik 1,49%. Sedangkan bursa Asia masih ditutup bervariasi yakni Shanghai Composite naik 0,77%, Philliphine Stock Exchange turun 0,18%, Thailand Stock Exchange naik 0,3% dan kospi menguat 1,06%,” jelasnya.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini kembali menguat setelah melemah cukup dalam pada perdagangan kemarin. Penutupan perdagangan hari ini, rupiah berada pada RP. 13.583 perdolar Amerika Serikat.

“Penguatan ini didukung oleh peningkatan cadangan devisa yang berada di zona aman yang memberikan penguatan terhadap Rupiah pada perdagangan hari ini,” pungkasnya.(wol/eko)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Absennya Lobo Kabar Baik Bagi Persela

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan akan menjamu Persela Lamongan pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: