Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / IHSG Hari Ini Ditutup Naik 134,8 Poin
Ilustrasi
Ilustrasi

IHSG Hari Ini Ditutup Naik 134,8 Poin

MEDAN, WOL – Menutup perdagangan hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencetak rekor tertingginya ditutup naik 134,8 poin atau sebesar 2,074% pada level 6.635,33 Level tertinggi IHSG berada pada level 6.635,33 dan level terendah berada pada level 6.537,07. Perdagangan hari ini terpantau ramai. Frekuensi perdagangan hari ini sebanyak 405.969 kali transaksi, volume sebanyak 10,131 miliar lembar saham senilai Rp10,258 triliun.

Meskipun kota Jakarta mengalami gempa sebesar 6,1 SR diawal perdagangan IHSG sesi II hal ini tidak memberikan kekhawatiran investor. Secara sektoral, IHSG menguat didukung oleh peningkatan saham pada seluruh sektor, dimana sektor consumer mengalami penguatan sebesar 3,426%, sektor manufaktur menguat 2,875% dan sektor finance menguat  sebesar 2,315%.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, mengatakan bahwa menguatnya IHSG hari ini didukung oleh pelarangan transaksi mata uang bitcoin yang dilakukan oleh Bank Indonesia didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Keuangan.

Di samping itu, beberapa negara juga turut melakukan pelarangan terhadap mata uang virtual ini diantaranya yakni China, Korea Selatan, Israel, Nigeria dll.  Di indonesia sendiri larangan ini berlaku pada tahun 2018 ini dimana Bank Indonesia telah melarang penggunaan dan transaksi mata uang virtual ini dengan cara apapun.

“Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran negara akan adanya pencucian uang dan pendanaan terorisme. Selain itu pula, bitcoin dapat mengganggu stabilitas keuangan karna dapat menimbulkan bubble brust sewaktu-waktu,” tuturnya.

Dengan adanya pelarangan oleh Bank Indonesia secara tegas, maka transaksi ini sudah mulai berkurang. Dan investor kembali berinvestasi secara benar. Aksi beli pun menopang kemajuan  IHSG dan dengan begitu IHSG akan terus meningkat dan mencetak rekor-rekornya.

“Di sisi lain, Bursa saham di Amerika juga mengalami kenaikan dimana Dow Jones Industrial Composite menguat 0,548%. Nasdaq Composite juga menguat 0,977%. dan S&P 500 naik 0,807%. Begitupun dengan bursa Asia yang juga menguat. Dimana Philipphine Stock Exchange menguat 0,541%, Shanghai Composite naik 1,289%, dan kospi naik 1,378%,” ujarnya.

“Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat pada Hari ini terpantai menguat dimana pada perdagangan hari ini Rupiah ditutup pada Rp. 13.320 perdolar Amerika Serikat. Penguatan ini didasari oleh pemberhentian sementara pemerintahan Amerika Serikat yang berakibat pada penekanan mata uang dollar terhadap sejumlah mata uang lainnya. Serta kenaikan 0,2% menjadi 3,9% proyeksi pertumbuhan global yang diberikan oleh IMF,” pungkasnya.(wol/eko)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH MH, didampingi Wakapolres Kompol H Taufik SE MH, bersama TNI AL melakukan pemantauan di Belawan.(WOL. Photo/Gacok)

Polres Belawan, TNI AL, dan Masyarakat Kompak Jaga Keamanan

MEDAN, Waspada.co.id – Polres Pelabuhan Belawan, TNI AL, dan masyarakat kompak menjaga situasi keamanan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.