_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / IHSG Ditutup Turun 15 Poin
Ilustrasi

IHSG Ditutup Turun 15 Poin

MEDAN, Waspada.co.id – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berada di teritori negatif.

Di mana IHSG ditutup turun 15 poin atau turun 0,233 persen di level 6.525. Level tertinggi IHSG berada di level 6.539 dan terendah berada di level 6.499. Saham pertambangan yang kemarin melemah kini menjadi penopang kedudukan IHSG.

“Bursa saham Wallstreet mengalami pelemahan, hal ini disinyalir berasal dari situasi politik Amerika Serikat yang kurang kondusif. Kondisi ini seiring dengan adanya resolusi ponolakan status darurat nasional yang dideklarasikan Presiden AS yakni Donald Trump,” tutur Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, Rabu (27/2).

Situasi ini juga diperkeruh dengan ancaman yang diberikan Trump dalam memveto resolusi itu jika masih juga disahkan.

“Trump masih terlihat mempertahankan keinginannya dalam penyediaan dana pembangunan tembok perbatasan Meksiko sebesar USD5,6 triliun dari Kongres AS yang akan membentengi imigran ilegal,” katanya.

Berbagai upaya telah dilakukan Trump bahkan sampai melakukan shutdown dalam pemerintahnya selama sebulan.

“Saya kira Trump akan memaksimalkan cara agar janji politiknya membangun tembok pembatas Meksiko ini tercapai. Karena trump juga tidak mau perjuangannya sia-sia sementara pemerintah telah rugi banyak dari shutdown selama sebulan kemarin,” ucapnya.

“Trump dianggap tidak mendengarkan wakil rakyat dan menyalah gunakan kekuasaannya demi kepentingan politiknya. Kekacauan yang terjadi di pemerintahan AS ini membuat investor ragu dan mengurangi resikonya sehingga saham-saham di AS melemah tipis di mana Dow Jones turun 0,132 persen, Nasdaq turun 0,068 persen, S&P 500 turun 0,079 persen dan NYSE turun 0,005 persen,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ini Salah Satu Tema Pembicaraan Trump dan Abe di Jepang

TOKYO, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, dirinya dan Perdana Menteri Jepang Sinzo ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.