Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / IHSG Ditutup Melemah di Level 16,41 Poin
iIustrasi
iIustrasi

IHSG Ditutup Melemah di Level 16,41 Poin

MEDAN, WOL – Indeks Harga Saham Gabungan di awal tahun 2018 ini ditutup melemah 16,41 poin atau 0,24 persen pada level 6.339,23. Sebelumnya mengakhiri perdagangan akhir tahun 2017 IHSG ditutup pada level 6.355,65 poin.

Hal ini memberikan aksi profit taking bagi investor setelah kenaikan IHSG yang terus menerus. Level tertinggi IHSG pada perdagangan hari ini berada di level 6.445,91 dan level terendah IHSG pada hari ini di level 6.326,09.

Ekonom Sumut,  Gunawan Benjamin, menyebutkan bahwa pada pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini perdagangan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla didampingi Menteri Keuangan, Menteri Koordinator Perekonomian,  Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisioner OJK dan pejabat pemerintah.

“Industri Pasar Modal pada tahun 2017 merupakan tahun yang gemilang bagi Pasar Modal Indonesia. Hal ini tercermin dari peningkatan jumlah investor yang meningkat signifikan sebesar 44% dalam dua tahun terakhir diikuti oleh peningkatan nilai investasi investor domestik yang mencapai 340 triliun di sepanjang tahun ini,” jelasnya.

Dikatakan, peningkatan perusahaan yang melakukan pencatatan perdana saham sebanyak 37 perusahaan pada tahun 2017 yang merupakan jumlah terbanyak dalam 23 tahun terakhir serta jumlah terbanyak diantara negara-negara di Asia Tenggara.

Peningkatan ini tentunya memberikan sentimen positif bagi pelaku pasar modal untuk berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

Indeks saham di Bursa Asia mengalami peningkatan setelah survei manufaktur Tiongkok mengalami peningkatan. Indeks Kospi naik 0,153 persen, Indeks Shanghai Composite naik 1,2 persen. Indeks STI naik 0,7 persen. Philippine Stock Exchange naik 0,27 persen dan indeks Hangseng naik 1,8 persen.

“Pergerakan mata uang Rupiah mengalami penguatan terhadap Dolar Amerika Serikat pada posisi Rp13.543. Dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.550 per dolar Amerika Serikat. Kenaikan ini terjadi disebabkan harga komoditas dunia yang masih berada dalam tren penguatan,” pungkasnya. (wol/eko)

Editor: Agus Utama

Check Also

foto: elcomercio

Kemiripan Alicia Vikander dan Angelina Jolie Sebagai Tomb Raider

  JAKARTA, WOL – Film Tomb Raider kembali ke layar lebar setelah terakhir kali tayang ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.