Home / Warta / Politik / Idrus Marham Minta Kader Golkar yang Terlibat Korupsi Mengaku
foto: suara

Idrus Marham Minta Kader Golkar yang Terlibat Korupsi Mengaku

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Tersangka kasus dugaan suap pembangunan PLTU Riau-1, Idrus Marham meminta kepada seluruh kader Partai Golkar yang terlibat praktik korupsi untuk mengaku dan mengembalikan uang yang diterima ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Idrus merupakan mantan Sekjen Golkar. Dia saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Gedung KPK dalam perkara PLTU Riau-1 untuk tersangka Eni Saragih, Jumat (7/9/2018).

Idrus memberikan saran tersebut karena takut citra Partai Golkar akan rusak.

“Selaku mantan sekjen yang cukup lama, saya mengimbau kepada seluruh keluarga besar Partai Golkar, utamanya pada kader Golkar yang terkait dengan hukum. Ya kalau memang cinta kepada Golkar, sayang pada Golkar, ya mari berbuat untuk Golkar,” papar Idrus di Gedung KPK, Jakarta.

“Jadi kalau sayang Golkar, dan ingin Golkar maju, ya sudah jangan kaitkan dengan Golkar kalau tak ada kaitannya,” tutur Idrus.

Foto: Okezone/Arie Dwi Satrio

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Idrus Marham sebagai tersangka dalam kasus PLTU Riau-1. Ia diduga menerima hadiah atau janji dari proyek senilai USD900 juta bersama-sama dengan Eni Maulani Saragih.

Fee tersebut dijanjikan oleh bos Blackgold Natural Resources Limited Johanes Budisutrisno Kotjo untuk memuluskan menggarap proyek tersebut.

Idrus juga diduga berperan mendorong agar proses penandatanganan Purchase Power Agreement (PPA) dalam proyek pembangunan PLTU Riau-1. Proyek tersebut kini dihentikan sementara usai mencuat kasus suap ini.

Atas perbuatannya, Idrus disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) atau Pasal 56 ke-2 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Check Also

Bupati Pakpak Bharat Ditangkap KPK Terkait Suap Proyek PUPR

JAKARTA – Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Medan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: