Home / Fokus Redaksi / Idap penyakit serius, Presiden Vietnam Wafat
Presiden Vietnam, Tran Dai Quang. (REUTERS)

Idap penyakit serius, Presiden Vietnam Wafat

HANOI, Waspada.co.id – Presiden Vietnam Tran Dai Quang meninggal dunia hari ini. Salah satu pemimpin teratas negara Vietnam itu berpulang di usia 61 tahun setelah dikabarkan menderita sakit serius.

“Presiden Quang (61 tahun) meninggal dunia di rumah sakit militer di Hanoi hari ini. Dia meninggal karena penyakit serius yang diderita meskipun telah ada upaya pertolongan dari dokter dan profesor di dalam dan luar negeri,” demikian dilaporkan televisi negara, dikutip dari Straits Times, Jumat (21/9).

Belum ada keterangan resmi diungkapkan oleh pemerintah terkait kematian Quang hari ini. Namun, beberapa media di Vietnam dan asing sudah memberitakan kabar menyedihkan ini.

Berita berpulangnya Quang terbilang cukup mengejutkan. Sebabnya, pada Selasa (11/9) lalu, Quang masih aktif menjalankan tugas kepresidenan. Dia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu di hari itu untuk membahas beberapa kesepakatan.

Kedua pemimpin negara juga menyampaikan pernyataan pers bersama usai bertemu di Istana Kepresidenan Vietnam di Hanoi. Jokowi menyampaikan tekadnya untuk meningkatkan kerja sama perdanganan dengan Vietnam dan berharap di tahun 2020, sektor perdagangan Indonesia-Vietnam bisa mencapai nilai USD 10 miliar.

Sebagai informasi, Quang ditunjuk menjadi presiden Vietnam pada April 2016 lalu. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Menteri Keamanan Publik, sebuah instansi yang memiliki kekuatan dan wewenang untuk mengumpulkan informasi intelijen demi menggagalkan ancaman domestik dan asing.

Sebenarnya, posisi Quang sebagai presiden hanya bersifat seremonial saja. Dia memang menjalani beberapa tugas kepresidenan, namun jabatan sebagai pemimpin tertinggi di Vietnam juga diemban oleh perdana menteri dan ketua Partai Komunis. (merdeka)

 

Check Also

Jokowi Sudah Gerah Disebut Terkait PKI

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan bahwa dia bukan anggota Partai Komunis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: