Breaking News
Home / Warta / Politik / ICW Minta KPK Juga Fokus Pengembalian Uang Korupsi E-KTP
okezone.com
okezone.com

ICW Minta KPK Juga Fokus Pengembalian Uang Korupsi E-KTP

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun menilai penanganan perkara korupsi e-KTP diharapkan tidak hanya tuntas dan pelaku-pelaku yang memang harus bertanggung jawab dapat diproses secara hukum.

Tama menginginkan nantinya harus ada sebuah upaya untuk kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus korupsi e-KTP sebesar Rp2,3 triliun agar bisa dikembalikan.

“Oleh karena Itu, pertanggungjawaban pidana bukan hanya sekadar orang dihukum tetapi kemudian uang-uang hasil kejahatan tersebut itu bisa dikembalikan ke negara. Sehingga Rp2,3 triliun itu enggak mengerikan seperti yang kita bayangkan,” kata Tama dalam acara Polemik MNC Trijaya FM di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu 10 Februaro 2018.

Ia pun meyakini hal itu bisa dilaksanakan bila Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ingin menggunakan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait penanganan perkara korupsi tersebut. Tetapi bukan hanya kepada terdakwa namun juga kepada pihak yang menikmati aliran data itu.

“Dalam konteks korupsi bukan sekadar pihak-pihak yang bertanggung jawab secara individu. Uang-uang yang mengalir ke korporasi harus dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Sekadar informasi, dalam kasus korupsi e-KTP ini sudah terdapat enam tersangka yang terdiri dari mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) Sugiharto, mantan Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman, lalu ada Andi Narogong, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto, serta Markus Nari dan Anang Sugiana Sudihardjo.

Check Also

Juru Bicara KPK Febri Diansyah

KPK Keberatan Disebut Tak Kooperatif Terkait Kasus Novel

JAKARTA, WOL – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah menyatakan KPK keberatan terkait pernyataan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.