Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / ICW: Mekanisme Kontrol KPK Sudah Berjalan Baik
Istimewa
Istimewa

ICW: Mekanisme Kontrol KPK Sudah Berjalan Baik

JAKARTA, WOL – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai belum perlunya lembaga khusus yang bertugas mengontrol kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini.

Kepala Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Lola Ester mengemukakan, sejauh ini mekanisme kontrol di KPK sudah berjalan dengan sangat baik tanpa perlu adanya lembaga pengawas khusus.

“KPK secara keseluruhan yang saya tahu mekanisme kontrol dan evaluasinya berjalan. Itu yang penting. KPK mempunyai PIPM (Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat) untuk pegawai, komite etiknya KPK juga ada, yang dibentuk manakala dibutuhkan. Jadi, sifatnya memang ad-hoc. Ketiga, ada juga dewan pengawas,” tutur Lola di Jakarta, Jumat (8/9) kemarin.

Ia menambahkan, publik pun tak perlu merasa khawatir kalau kewenangan penyadapan KPK tak ada yang mengawasi dan mengontrolnya sehingga berpotensi muncul kesewenang-wenangan.

“Soal penyadapan KPK diawasi Kemenkominfo. Jadi, kewenangan-kewenangan KPK yang dianggap abusif, bukan tanpa kontrol. KPK dengan penuh kesadaran, memiliki jargon ‘KPK first’. Apapun yang mau negara contohkan ke lembaga lain, harus diterapkan dulu ke KPK,” paparnya.

Lebih lanjut, Ester pun memaprkan bahwa audit keuangan yang tercatat di laporan BPK selalu meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “DPR juga selama ini pun ikut menjadi mitra kerjanya KPK. Sekali lagi, mekanisme kontrol di KPK berjalan baik,” ucapnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo

Mendagri Minta Jajarannya Bekerja Ekstra Terkait E-KTP!

JAKARTA – Terkait perekaman e-KTP, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta jajarannya bekerja ekstra dan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.