_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / ICW: Aneh, Jokowi Tak Libatkan KPK dalam Penyusunan Kabinet
Peneliti ICW, Donal Fariz (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

ICW: Aneh, Jokowi Tak Libatkan KPK dalam Penyusunan Kabinet

agregasi

 

JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menyayangkan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak melibatkan peran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses penyusunan kabinet kerja jilid II.

Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW, Donal Fariz menjelaskan, seharusnya peran KPK, PPATK dan lembaga lainnya yang terkait bisa dilibatkan jika memilih pejabat sekelas eselon I dan II.

“Jika pejabat eselon 1 dan 2 saja diperiksa ke KPK, PPATK, Dirjen Pajak dan lain-lain, tentu aneh ketika rekam jejak para calon menteri tidak dilibatkan lembaga-lembaga tersebut,” kata Donal saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Meski kata Donal, melibatkan lembaga antirasuah dalam menyaring sosok pembantunya di kabinet adalah bentuk pilihan sendiri alias hak prerogatif dari seorang Kepala Negara.

Namun, bila KPK dilibatkan dalam proses tersebut, lanjut Donal, maka publik akan melihat bahwa Presiden Jokowi memiliki komitmen kuat menciptakan pemerintahan yang bersih dari praktik korupsi.

“Pelibatan KPK itu memang menjadi opsional bagi Presiden. Akan tetapi pelibatan tersebut menjadi simbol komitmen Presiden dalam membentuk pemerintahan bersih,” tuturnya.

Presiden Jokowi dalam channel YouTube Sekretariat Presiden mengungkapkan bahwa telah merampungkan susunan kabinet kerja jilid II. Namun, dia masih merahasiakan identitas para pembantunya tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif menyatakan pihaknya tidak dilibatkan dalam proses penjaringan kursi kabinet kerja jilid II Presiden Jokowi.

适适

Check Also

Apa Tugas Wakil Panglima TNI?

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo telah menambahkan posisi wakil panglima TNI dalam susunan organisasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.