Home / Aceh / Hutan Aceh Diprediksi Mulai Mengering
Ilustrasi. (Ist)

Hutan Aceh Diprediksi Mulai Mengering

BANDAACEH, WOL – Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh, Zakaria Ahmad, menyebutkan hutan dan lahan terutama yang bergambut diperkirakan mulai mengering di wilayah Aceh. Hal itu disebabkan hadirnya sejumlah titik panas di provinsi ini.

Dikatakan, hujan dengan curah ringan dan sedang yang turun di berbagai kabupaten/kota dalam beberapa pekan terakhir merupakan hujan Equatorial. Di mana hujan tersebut tidak dialami oleh semua provinsi di Indonesia, melainkan cuma dialami beberapa daerah termasuk di Aceh dilintasi matahari, seperti wilayah laut atau perairan, dan daratan, sehingga memberi dampak tersebut.

“Fenomena Equatorial, sudah berlalu. Kini di Aceh, kita prediksi curah hujan semakin berkurang di sejumlah wilayah. Maka yang muncul titik panas,” katanya seperti dilansir dari laman antaranews.com, Sabtu (14/4).

Seperti diketahui, lima titik panas di Aceh muncul dalam dua hari berturut-turut, yakni Selasa (10/4) sore dan Rabu (11/4) pagi, hasil pendeteksian lewat sensor modis yang terpasang di satelit. Kelima titik panas itu, terpantau terdapat dua kabupaten di Aceh. Keempat titik panas, di antaranya di daerah dataran tinggi, yakni Bener Meriah dan satu titik panas lagi di Aceh Utara.

“Kami imbau bagi warga setempat agar selalu berhati-hati dengan api, baik di rumah atau di pekarangan. Begitu juga masyarakat ingin membuka lahan, tidak membakar,” tegasnya.

Dilaporkan, telah terjadi kebakaran lahan kosong yang tidak terawat dan tidak ditanami milik salah seorang warga setempat Salman di Desa Kebon Baro, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Rabu, (11/4) lalu. Informasi masyarakat di sekitar pukul 15.15 WIB, tiba tiba api muncul dengan cepat membakar dan menjalar ke semak belukar termasuk onggokan sampah dan dedaunan kering yang kemudian api cepat membesar akibat hembusan angin.

Dua unit mobil Damkar milik Pemko Lhokseumawe beserta warga dikerahkan dan langsung berupaya memadamkan api di semak belukar tersebut.(wol/mrz/ant/data2)

Check Also

Bantuan Masa Panik Untuk PNS Korban Kebakaran Berdatangan

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Bantuan masa panik terus berdatangan pasca kebakaran yang menghanguskan rumah milik Muslem ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: