_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / “Hukum Harus Jadi Panglima Berantas Korupsi”
viva.co.id

“Hukum Harus Jadi Panglima Berantas Korupsi”

KAMPAR, WOL – Cara pemberantasan korupsi yang merajalela adalah hukum harus kembali menjadi panglima dan bukan lagi sebagai alat kepentingan politik dan kekuasaan.

Mantan Katua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, hukum menjadi sulit ditegakkan karena kerap hukum itu sendiri yang sudah dijadikan alat politik dan kekuasaan. “Ini yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” kata Mahfud di Kampar, Riau, Minggu (22/11) malam.

Menurut dia, hukum di Indonesia sempat menjadi panglima, namun itu hanya bertahan sebentar diawal demokrasi lalu.
“Namun setelah itu, justru hukum banyak diatur oleh kepentingan politik. Sangat disayangkan,” katanya.

Ia menambahkan, maka ke depan diharapkan sistem ini akan terus dibenahi tentunya lewat tangan-tangan para generasi penerus bangsa, salah satunya melalui HMI.

Mahfud menegaskan, bahwa kehadiran KAHMI di acara Kongres HMI bukan untuk menginterfensi idealisme kalangan mahasiswa di HMI, namun untuk memberikan dukungan moril atas tindakan sosial yang selama ini dilakukan.

“Seperti kita ketahui, banyak muncul orang-orang besar di bangsa ini bukan dari kampusnya, melainkan dari binaan HMI. Bahkan banyak guru besar di Indonesia akhirnya menjadi orang berpengaruh berkat adanya HMI,” katanya.

Maka, kata dia, sangat diharapkan Kongres HMI kali ini dapat berjalan sukses, tentunya karena adanya dukungan dari pemerintah daerah setempat.

“Dengan membantu acara Kongres HMI ini, maka Pemda Riau tidak harus disalahkan, asalkan pihak panitia bisa mempertanggung jawabkan dana yang sudah diberikan,” kata Mahfud.(inilah/data1)

Check Also

Mahfud MD: Opini WTP Tidak Banyak Gunanya

  JAKARTA – Selama memimpin Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengatakan jajarannya selalu mendapatkan opini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.