_
Home / Warta / Mancanegara / Hong Kong Memanas, Pemerintah Umumkan Travel Warning dan Jamin Nasib WNI
Demonstran saat duduki Bandara Internasional Hong Kong (12/8). (dok. Forbes.com)

Hong Kong Memanas, Pemerintah Umumkan Travel Warning dan Jamin Nasib WNI

JAKARTA, Waspada.co.id – Terkait perkembangan situasi di Hong Kong yang semakin memanas, Pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan perjalanan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin berencana perjalanan ke kota itu.

Melalui pernyataan yang disampaikan Kementerian Luar Negeri RI, pemerintah mengimbau kepada WNI yang berencana mengunjungi Hong Kong agar mencermati perkembangan situasi keamanan terakhir di Hong Kong, termasuk melalui aplikasi safe travel Kemlu.

Jika rencana perjalanan itu sifatnya tidak mendesak, WNI diimbau untuk menundanya hingga situasi di Hong Kong lebih kondusif.

Menko Polhukam Wiranto pun memastikan pemerintah melalui Konsulat Jenderal (KJRI) di Hong Kong akan terus memantau perkembangan sekitar 40 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjebak demo di Bandara Internasional Hong Kong.

“Kita ini kan seperti yang dikatakan negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, itu sudah menjadi kewajiban pemerintah,” kata Wiranto di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/8).

Wiranto mengatakan, pemerintah akan melakukan tindakan yang terbaik kepada puluhan WNI yang terjebak di bandara massa yang membludak tersebut. Para WNI juga telah diminta untuk menjauhi bandara.

Sementara bagi WNI yang menetap di wilayah Hong Kong, agar tetap tenang dan waspada, menjauhi lokasi berkumpulnya massa, tidak terlibat dalam kegiatan politik setempat, serta senantiasa mengikuti imbauan dari otoritas setempat. WNI juga diminta untuk memantau informasi di laman Facebook Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong (fb.com/kjrihk).

Dalam keadaan darurat, hotline KJRI Hong Kong dapat dikontak melalui Whatsapp nomor +852 6894 2799 / +852 6773 0466 / +852 5294 4184 atau melalui Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri RI. (okz/data2)

适适

Check Also

Ingin Akhiri Perang Dagang dengan China, Trump ajak Xi Jinping Tanda Tangan Perjajiannya di Iowa

WASHINGTON , Waspada.co.id — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menandatangani perjanjian perdagangan dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.