Newsticker
WOL / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Hingga Juni, Penyaluran Kredit Perbankan Sumut Melambat
Ilustrasi
Ilustrasi

Hingga Juni, Penyaluran Kredit Perbankan Sumut Melambat

MEDAN, WOL – Berdasarkan data kinerja penyaluran kredit perbankan di Sumatera Utara hingga Juni 2016 masih melambat.

Tercatat, pertumbuhan year on year hanya 5,21% dibandingkan dengan Juni 2014 7,73%, dan untuk dapat mendongkrak kinerja penyaluran tersebut hingga akhir tahun ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera bagian Utara meminta perbankan untuk fokus memperluas akses ke daerah.

Secara year to date, pertumbuhannya hanya 0,96%, ini dilihat berdasarkan data perkembangan perbankan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut, total penyaluran kredit per Juni 2016 mencapai Rp180,17 triliun.

Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Ahmad Soekro Tratmono, mengatakan kredit masih terus meningkat dimana industri keuangan di Sumut akan meningkatkan pertumbuhan kreditnya. Salah satu sarananya adalah mendorong akses keuangan ke daerah-daerah dan UMKM.

Hal yang sama juga diungkapkan, Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin optimistis pada semester II/2016, pertumbuhan penyaluran kredit bisa terdongkrak.

“Beberapa faktor yang diprediksi mampu meningkatkan kinerja tersebut yakni realisasi berbagai proyek infrastruktur, dan trend penurunan suku bunga,” tutur Gunawan kepada Waspada Online, Selasa (23/8).

“Saya prediksi bank akan lebih agresif, ada kecenderungan pelaku usaha di Sumut melihat prospek bisnis pada tahun depan akan lebih baik dari tahun ini, dan BI Rate akan beralih ke BI 7 Days Repo Rate, tentu ada trend suku bunga rendah,” terangnya.

Dia sepakat penyaluran kredit di Sumut perlu lebih diarahkan ke UMKM, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kendati demikian, perbankan perlu lebih berhati-hati karena NPL UMKM masih cukup tinggi.

“Per Juni 2016, penyaluran kredit UMKM hanya tumbuh 2,81% dari Juni 2015. Pangsa pasarnya mencapai 28,52% atau Rp51,38 triliun,” tutup Gunawan. (wol/eko/data3)

Editor: Agus Utama

Baca Juga

foto: AP

De Oranje Ladeni Italia Dalam Kondisi Terluka

AMSTERDAM, WOL – Timnas Belanda akan menghadapi lawan tangguh. De Oranje akan menjamu Italia dalam ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.