Home / Warta / Teknologi / Hati-hati! Ada 700 Lebih Jenis Bakteri Yang Hidup di Mobil kita
Ilustrasi

Hati-hati! Ada 700 Lebih Jenis Bakteri Yang Hidup di Mobil kita

Waspada.co.id – Situs CarRentals.com,melakukan survei ke 1.000 pengemudi di Amerika Serikat, tentang seberapa sering mereka membersihkan interior mobil.

Hasilnya mengejutkan, 32% dari mereka jarang melakukannya, dan bahkan pemilik mobil ini hanya membersihkan interior mobil mereka setahun sekali.

Walaupun itu sungguh mengejutkan, layanan penyewaan mobil Expedia Group dapat membocorkan angka menarik sehubungan dengan seberapa bersih interior mobilnya.

Yang berkorelasi dengan mengapa kita perlu membersihkannya secara berkala untuk kesehatan dan keselamatan diri kita sendiri.

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika Serikat, interior mobil adalah salah satu tempat paling kotor di bumi, yang bahkan bisa lebih kotor daripada tempat duduk toilet.

Secara khusus, setir mobil empat kali lebih kotor daripada tempat duduk toilet, suatu kebenaran yang sangat mengerikan, mengingat bahwa itu adalah bagian dari mobil yang selalu kita sentuh.

Studi ini mengukur kekotoran bagian interior mobil melalui jumlah rata-rata bakteri per sentimeter persegi, atau Colony Forming Unit disebut juga CFU.

Pada Setir mobil ditemukan memiliki 629 CFU, dan sebaliknya layar ponsel yang paling sering kita sentuh rata-rata hanya di 100 CFU.

Sedangkan tombol lift yang termasuk permukaan benda yang paling sering disentuh terdapat 313 CFU, dan tempat duduk toilet umum hanya 172 CFU.

Yang meresahkan adalah dua jenis bakteri paling umum yang ditemukan di dalam mobil.

Menurut penelitian, bakteri Staphylococcus, yang merupakan penyebab banyak penyakit seperti keracunan makanan, infeksi kulit, dan MRSA, adalah salah satunya.

Yang lainnya adalah Propionibacterium yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi.

Dan iini hanya dua jenis bakteri yang paling umum, sejatinya ada sekitar 700 jenis bakteri yang hidup di dalam mobil kita.

Salah satu penyebab di dalam mobil kita terdapat banyak bakteriadalah makanan, Karena gaya hidup saat bepergian, kita terbiasa makan di dalam mobil.

Dengan semua informasi yang sudah dibeberkan, sudah saatnya kita berpikir dua kali terlebih dahulu jika ingin memakan makanan di dalam mobil. (gridoto/data1)

Check Also

Pemko Medan Wajib Jamin Kesehatan Warganya

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi B DPRD Kota Medan, Wong Cun Sen, mengatakan Pemerintah Kota ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: