Breaking News
Home / Warta / Politik / Hasil Fit and Proper Test Marsekal Hadi Tjahjanto Dibawa ke Pimpinan DPR
foto: tempo
foto: tempo

Hasil Fit and Proper Test Marsekal Hadi Tjahjanto Dibawa ke Pimpinan DPR

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi I DPR telah menyepakati Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Hasil dari uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) itu akan segera dibawa ke pimpinan DPR untuk kemudian diparipurnakan.

Menurut Wakil Ketua Komisi I Asril Tanjung, hasilnya akan dilaporkan ke pimpinan DPR pada hari ini. Pasalnya, DPR memiliki masa kerja 20 hari untuk melaksanakan rapat paripurna setelah fit and proper test.

“Kami DPR kalau sudah selesai, kami enggak minta dipercepat. Terserah Presiden saja,” ujar Asril di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

Sementara untuk jadwal pelantikan, pihaknya menyerahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kendati, ia meyakini Jokowi akan melantik Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI dalam waktu dekat.

“Kalau sudah Presiden mengajukan calon, Presiden berarti butuh panglima yang baru, enggak bisa berlarut-larut,” katanya.

Lagi pula, tahun depan akan menjadi tahun politik karena ada 171 daerah menggelar pilkada serentak. Ditambah adanya pemilu legislatif dan pemilu presiden.

“Ini kan perlu persiapan, tidak hanya polisi. Pertahanan keamanan kan TNI. Mungkin itu pikiran Pak Jokowi,” katanya.

Sementara itu, informasi yang diterima awak media, paripurna DPR akan digelar pada Kamis 7 Desember 2017 besok.

Seperti diketahui, Komisi I kompak menyetujui KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun Maret 2018.

Check Also

foto: tempo

Sudah Ada Tiga Nama Calon KSAU Baru

JAKARTA, WOL – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto belum mengetahui sosok yang akan ditunjuk Presiden ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.