_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Hari Ini, Pemerintah Umumkan Paket Kebijakan Jilid VI
Ilustrasi

Hari Ini, Pemerintah Umumkan Paket Kebijakan Jilid VI

JAKARTA, WOL – Pemerintah berencana mengumumkan paket kebijakan ekonomi  jilid VI, hari ini, Kamis (5/11).  Pengumuman paket akan digelar di Kantor Presiden oleh menteri bidang ekonomi.

” Jadi diumumkan besok,” kata Menteri Perekonomian Darmin Nasution, malam tadi.

Darmin membocorkan, paket tersebut berisi insentif yang diberikan pada kawasan ekonomi khusus (KEK). Insentifnya berupa keringanan pajak.

“Iya, itu untuk gerakkan ekonomi dari pinggir, artinya adanya di daerah mulai dari Sumatera Utara, Sulawesi, NTB,” imbuh dia.

Pemerintah telah menggelontorkan lima paket kebijakan demi mendorong perbaikan ekonomi Indonesia. Pada 22 Oktober, Presiden Joko Widodo mengeluarkan paket kebijakan jilid V mengenai pengupahan.

Sementara itu, paket kebijakan ekonomi tahap I diluncurkan pada 9 September. Paket pertama fokus mendorong daya saing industri nasional melalui deregulasi, debirokratisasi, serta penegakan hukum, dan kepastian usaha.

Kemudian pemerintah akan mempercepat proyek strategis nasional dengan menghilangkan berbagai hambatan, sumbatan dalam pelaksanaan dan penyelesaian proyek strategis nasional serta meningkatkan investasi di sektor properti.

Paket kebijakan ekonomi jilid II diluncurkan pada 29 September. Paket ini lebih difokuskan pada izin investasi untuk industri yang ada di dalam dan di luar kawasan industri.

Sementara paket kebijakan III yang diluncurkan pada 7 Oktober 2015 memfokuskan pada penurunan harga energi dan perbaikan iklim usaha.

Paket kebijakan IV yang diluncurkan pada 15 Oktober 2015 berfokus untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya. Dunia usaha dan investasi diberikan kemudahan untuk membuka lapangan pekerjaan.(mtn/data1)

Check Also

PPP Sudah Tak Pusingkan Jatah Kursi Menteri Jokowi

  JAKARTA – Wakil Sekjen (Wasekjen) PPP Achmad Baidowi memastikan internalnya sudah tidak memusingkan soal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.